TIPS TRAVELING RAMAH LINGKUNGAN

223

Hijaudaun.net – Jaman sekarang traveling sudah menjadi sebuah trend untuk semua kalangan, mulai dari usia muda hingga orang tua. Tujuan traveling tidak hanya pada jarak dekat, bahkan hingga ke mancanegara. Sayangnya perkembangan trend ini tidak dibarengi dengan kesadaran individu dalam menjaga lingkungan ketika ber-traveling. Nah berikut ini merupakan beberapa tips, walaupun sebagai seorang traveler kamu tetap bisa ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

(sumber : hijaudaun.net/www.google.com)
  • Jangan meninggalkan apapun selain kenangan

Biasanya saat berjalan-jalan pasti akan tercipta sebuah kenangan di tempat tersebut, selain dari kenangan jangan sampai ada yang tertinggal seperti sampah. Usahakan sampah pribadi tidak dibuang sembarangan walaupun itu kecil, karena merubah sesuatu yang besar harus dimulai dari hal terkecil. Contohnya tidak membuang sampah sembarangan, karena lebih baik mengenang daripada menyamapah.

(sumber: hijaudaun.net/media.pricebook.co)
  • Jangan mengambil apapun selain foto

Dalam sebuah perjalanan pada umumnya traveler mendokumentasikan pengalamannya, namun ada sedikit traveler nakal yang melakukan lebih dari itu. Misalnya, mengambil hal-hal yang tidak diperbolehkan seperti bunga edelwis di pegunungan. Namun tetap ada pendaki nakal menghiraukan larangan ini dan tetap mengambil bunga tersebut secara diam-diam. Secara tidak sadar, ini sudah bisa dikatakan sebagai maling loh, padahal jika bunga itu diberikan kesempatan berkembang biak, menjadi tempat untuk bernarsis-naris ria. Jadi lebih baik bernarsis-narsis ria daripada bermaling-maling ria

(sumber: hijaudaun.net/www.google.com)
  • Menggunakan kendaraan umum

Nah bagi yang senang untuk traveling ke tempat yang mudah dijangkau, sebaiknya menggunakan kendaraan umum. Sebab, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu termasuk penyumbang dalam polusi kendaraan. Enggak enak kan kalau daerah tempat tinggal kita banyak polusinya?

(sumber : hijaudaun.net/www.google.com)
  • Patuhi peraturan yang ada

Menjadi seorang traveling, bukan berati kamu bebas melakukan apa saja ketika keluar rumah. Ada banyak aturan dari setiap lokasi tujuan traveling, contoh beberapa aturan kecil yang sering dilanggar seperti “jangan menginjak rumput”, “dilarang buang sampah disini”, jika pemikiran kalian aturan ada untuk dilanggar, dijamin kalian akan menjadi orang yang tidak akan pernah berkembang.

 

 

(sumber: hijaudaun.net/www.google.com)
  • Gunakan produk yang ramah lingkungan

Jika  melakukan traveling dalam waktu yang lumayan lama, tentu kita akan membawa peralatan pribadi untuk digunakan dibeberapa waktu, pastikan produk-produk yang dibawa merukan produk yang ramah lingkungan. Kamu bisa melihat keterangan produk sebelum membelinya. Dengan melakukan hal ini, kamu telah membantu menjaga lingkungan dari bahan-bahan yang merusak.

(sumber: hijaudaun.net/www.google.com)
  • Membawa tempat peralatan sendiri

Sering kali ketika melakukan traveling kita membeli sesuatu dan pasti mendapatkan pembungkus dari tempat yang kita beli seperti plastik maupun kertas. Usahakan untuk membawa tempat sendiri agar kita dapat mengirit pemakaian kertas maupun plastik. Perilaku ini sekaligus membantu menjaga tercemarnya polusi plastik, dan penebangan hutan dalam pembuatan kertas.