NIKMATNYA KULINER KOTA KHATULISTIWA

195
Jalan-jalan ke daerah baru tak puas jika tak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. salah satunya pontianak. beraneka ragam khas makanan pontianak tersedia disana. (yukepo.com)

Hijaudaun.net – Dalam perjalanan kali ini, saya dibawa ke kota Pontianak, sebuah kota di Provinsi Kalimantan Barat, sering disebut sebagai kota khatulistiwa. Kota Pontianak didominasi oleh suku melayu dan Tionghoa, tidak heran jika kulinerpun akan didominasi oleh kedua budaya tersebut.

Dikota ini kamu akan menjumpai banyak tempat-tempat makan yang menyajikan kuliner khas yang menggugah selera makan, kurang rasanya jika kamu berkunjung ke Kota Pontianak tanpa merasakan beberapa makanan khas dari kota ini. Berikut makanan khas yang wajib kamu coba saat bertandang ke kota khatulistiwa.

 

(cdn.idntimes.com)
  1. BUBUR PEDAS

Mungkin saat pertama kali kamu melihat bubur ini, kamu akan merasa binggung karena melihat tampilan yang kurang meyakinkan. Namun, ingat kan dengan pepatah, jangan menilai buku dari sampul luarnya? Bayangan itu akan hilang ketika kamu merasakan rasa gurih dan hangat berpadu mejadi satu.

Kata pedas merupakan perumpamaan dari suku melayu sambas yang berarti beragam sayuran dan rempah dalam bubur tersebut. Bagaimana tidak dalam bubur ini dimasukkan berbagai macam sayur seperti kangkung, daun pakis, jagung yang dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum (daun ini hanya ada di Kalimantan Barat dan digunakan untuk menambah aroma dalam bubur)

 

(3.bp.blogspot.com)
  1. CHAI KUE

Selain dengan bubur pedas, kuliner satu ini tak kalah terkenal dan enaknya loh di Kota Pontianak. Kue tradisional yang berisikan oleh sayuran, berbentuk seperti pastel dan biasanya disajikan dengan cara digoreng maupun dikukus. Kue ini memiliki beberapa varian isian yang dapat kamu pilih sendiri seperti kucai, bengkuang, keladi, kacang kedelai, ataupun rebung.

 

(oatmeal.perutgendut.com)
  1. BURUNG PUNAI

Buat kalian yang suka dengan olahan daging unggas, burung punai menjadi pilihan tepat yang wajib kamu coba. Burung punai adalah sejenis burung merpati, yang biasanya ditangkap dengan cara menjaring dan banyak ditemukan sekitaran Kota Pontianak dan mempawah. Burung punai biasanya diolah dengan cara dibakar ataupun digoreng, tekstur yang lebut dan cita rasa yang gurih dari olahan burung ini membuat kamu wajib mencicipi kuliner yang satu ini jika berkunjung ke kota khatulistiwa.

 

(www.omiyago.com)
  1. SOTONG PANGKONG

Jajanan yang satu ini wajib kalian coba, terutama buat kalian yang suka dengan ikan. Jajanan satu ini bakalan banyak kamu temui terutama di bulan Ramadan. Sotong pangkong sendiri terbuat dari ikan sotong yang telah dikeringkan, lalu diolah dengan cara dipanggang, setelah dipanggang, sotong akan dipukul-pukul agar terasa empuk, biasanya sotong akan disajikan dengan kuah sambal atau sambal asam manis.

 

(wisatapontianak.com)
  1. PENGKANG

Jika kamu liburan ke kota Pontianak, kuliner yang satu inipun tak boleh dilewatkan, kuliner khas pontianak yang terbuat dari beras ketan dengan isian dalam ebi. Pengkang diolah dengan cara dibungkus oleh daun pisang membentuk kerucut ldan diikat dengan bambu kemudian dibakar. Pengkang biasanya disajikan dengan sambal kerang yang banyak terdapat didaerah pesisir.

 

(res.cloudinary.com)
  1. ES LIDAH BUAYA

Lidah buaya merupakan salah satu komoditas andalan dari Kota Pontianak, tidak heran jika banyak olahan berbahan dasar dari lidah buaya, mulai dari kerupuk, minuman, hingga jajanan permen pun tersedia.

Salah satu yang wajib kamu cicipi adalah es lidah buayanya, apa lagi setelah kamu keliling untuk mencicipi berbagai kuliner, minuman ini paling nikmat disantap saat cuaca sedang panas, selain segar minuman ini juga banyak manfaat untuk tubuhmu.

 

Nah dari sekian banyak kuliner, mana yang sudah menggugah selera lapar mu?