MINUMAN JENIPER PEREDA MAAG DAN GALAU

352
sumber: minimalistbaker.com

Mitos bahwa jeruk nipis peras (jeniper) tidak dapat dikonsumsi oleh orang yang menderita maag  tidaklah benar. Zat asam yang terkandung di dalam jeruk nipis dianggap memicu peningkatan produksi asam lambung. Padahal, meskipun memiliki rasa yang asam, namun jeruk nipis membantu menetralkan dan menyeimbangkan asam yang ada di dalam lambung.

Selain dapat meredakan sakitnya maag, jeruk nipis juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Salah satunya meningkatkan antibody. Kekebalan tubuh memang sangat dibutuhkan, terutama saat cuaca sedang tidak menentu.

Buat kamu yang tidak mau merasakan asamnya rasa jeruk nipis, namun tetap ingin mendapatkan khasiatnya. Kamu bisa mencoba minum perasan jeruk nipis yang dipadu mentimun. Simak cara membuatnya berikut ini untuk lima porsi gelas.

 

sumber : familinia.com

Bahan-bahan

  1. Jeruk nipis 2 buah
  2. Timun yang sudah cuci dan dibuang bijinya, parut pakai parutan keju. 1 buah
  3. Gula secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. Air dingin 600 ml

 

Langkah

  1. Peras jeruk nipis, ambil sarinya pisahkan dalam satu wadah.
  2. Simpan parutan mentimun dalam satu wadah terpisah.
  3. Siapkan gelas. Campurkan perasan jeruk 2-3 sendok. Tambahkan parutan mentimun sesuai selera
  4. Tuangkan air dingin ke dalam gelas campuran tadi
  5. Tambahkan gula sesuai dengan selera. Dan sedikit garam untuk penambah kesegarannya.

 

Kamu bisa meminumnya kapan saja asalkan wadah perasan jeruk dan parutan mentimun dipisahkan. Minuman ini dapat diminum pagi atau siang hari secara rutin menjelang beraktivitas. Bagi kamu yang memiliki penyakit maag, bisa mencobanya tanpa rasa takut asam lambung bertambah sakit.