LEMBUTNYA BULU BABI DALAM CAMPURAN SPAGHETTI

1071
sumber: clip-jepang.com

Bulu babi merupakan hewan laut yang banyak hidup di laut dangkal. Banyak olahan masakan yang bisa dibuat meskipun  lebih enak dinikmati saat baru saja ditangkap dari laut. Ada trik khusus menikmati bulu babi yang baru ditangkap dari laut. Pertama, bulu babi tak boleh langsung dimakan saat sudah dikeluarkan dari cangkang, wajib dicuci dan direndam sebentar dengan air laut. Ini dilakukan agar lendir yang menempel bisa bersih dan ada sedikit rasa asin.

Bulu babi bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama asalkan diletakkan dalam wadah tertutup dalam keadaan beku. Setelah direndam air garam, bisa disimpan lama tapi dibekukan, kalau mau dimakan baru dicairkan dan harus langsung dimakan tanpa tambahan bumbu atau saus.

Namun di balik duri tajamnya yang seram dan berbahaya, hewan ini ternyata bisa dimakan, dan memiliki banyak manfaat. Di Mediterania, New Zealand dan Amerika Utara, bulu babi biasa dikonsumsi mentah bersama perasan jeruk lemon. Sementara di Jepang, bulu babi dijadikan bahan baku sushi dan sashimi.

Bagian yang bisa dimakan dari bulu babi adalah telurnya, yang mengandung protein tinggi (hingga 70%), asam amino, zat besi, dan mineral. Dengan kandungan ini, mengonsumsi telur bulu babi bermanfaat untuk mengatur metabolisme serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Dari ragam manfaat itu, hijaudaun.net mencoba merekomendasikan menu makanan yang memiliki bahan dari bulu babi atau landak laut.  Spaghetti dengan topping bulu babi bisa kamu coba resepnya di rumah.

sumber: qraved.co

Bahan:

Landak Laut/Bulu Babi          1 kg

Timun Jepang                      300 gr

Minyak Zaitun                      30 gr

Bawang Putih                       secukupnya

Lada Hitam dan merica          secukupnya

Garam                                 secukupnya

Spaghetti                             secukupnya.

Peterseli                              secukupnya

Tomat                                 2 buah

Jeruk lemon                         1 buah

 

Cara Memasak:

  1. Kupas landak/ bulu babi dengan alat pembuka cangkang kepiting. Kemudian bilas dengan air bersih. Disarankan air laut.
  2. Ambil bagian telur berwarna orange di dalam perut bulu babi menggunakan sendok
  3. Panaskan air untuk memasak spaghetti. Masukkan sedikit garam saat memasaknya
  4. Panaskan minyak, masukkan potongan bawang putih, masak hingga harum
  5. Tambahkan garam, lada hitam, merica. Lalu, masukkan landak laut dan potongan tomat dan masak sekitar 2-3 menit.
  6. Angkat dan tiriskan spaghetti kemudian lumurkan minyak zaitun agar tidak lengket
  7. Hidangkan spaghetti di dalam piring. Lumuri topping bumbu landak laut/ bulu babi. Taburkan sedikit perasan jeruk lemon dan peterseli sebagai pemanis.

 

Selain sehat, makanan ini juga mudah kamu masak sendiri di rumah.  Satu resep ini bisa untuk disantap 3-4 orang. Kamu bisa mengajak keluarga dan teman-temanmu mencicipi resep unik ini. Selamat mencoba!