KEBAB TUNA RASA JAHE

243
(epicurious.com)

Hijaudaun.net – Malam menjelang pergantian tahun, bisa dilakukan dengan barbeque di rumah. Hijaudaun.net merekomendasikan makanan yang banyak mengandung protein. Misalnya tuna. Kali ini mengutip dari selerasa.com membagikan resep praktis kebab tuna rasa jahe.

Seperti kita ketahui, ikan tuna merupakan sumber Selenium, antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Manusia. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting dari tubuh yang merupakan bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi. Tambahan jahe akan membuat tubuh semakin segar meski begadang semalaman. Sangat cocok dikonsumsi dini hari menjelang detik-detik pergantian tahun.

Waktu Memasak

Persiapan: 45 menit

Memasak: 45 menit

Total: 90 menit

Jumlah Porsi

4 Porsi

(simplyrecipes.com)

 Bahan:

  • 12 ons daging ikan tuna fillet, pastikan sudah bersih dari kulitnya
  • 3 sendok makan kecap manis dan asin
  • 3 sendok makan air
  • 1 sendok makan irisan daun bawang
  • 2 sendok teh jahe parut
  • ½ buah nanas berukuran sedang, potong dengan bentuk dadu
  • 1 buah paprika merah atau hijau sesuai selera anda masing-masing, kemudian potong dadu
  • 6 siung bawang putih, rajang halus
  • ¼ cangkir madu

Cara Membuat

  1. Siapkan sebuah wadah besar kemudian masukan potongan daging ikan tuna ke dalamnya.
  2. Setelah daging tersebut masuk, tambahkan beberapa bumbu makanan ke dalamnya untuk memanasi daging tersebut. bumbu tersebut antara lain irisan daun bawang, kecap, air dan jahe.
  3. Setelah semua bumbu dimasukan, kemudian tutup wadah dan kocok-kocok atau bolak-balik sehingga semua bahan di dalam wadah tersebut merata dan menyatu satu dengan lainya.
  4. Setelah dirasa cukup tercampur, kemudian bisa mengeluarkannya dagingnya dan mendiamkannya selama 20 menit dengan suhu ruangan.
  5. Bumbu yang tersisa jangan dibuang, namun sisihkan untuk mengolesi kebab nanti.
  6. Setelah 20 menit berlalu kemudian buat tusukan kebab ikan tuna anda dengan menyusun tusukkannya. Urutannya adalah daging ikan tuna, nanas, paprika, dan potongan bawang. Namun kamu bisa menyusun ulang sesuai dengan selera masing masing.
  7. Setelah semua bahan habis, kemudian bisa lanjut membakar di atas bara dengan waktu kurang lebih 6-7 menit saja hingga matang. Dan jangan lupa utnuk terus membolak-balik agar matang merata.
  8. Sembari menunggu kebab matang, kamu bisa mendidihkan bumbu.
  9. Setelah mendidih, kamu bisa mencampurnya dengan madu.
  10. Sebelum disajikan, olesi kebab ikan tuna dengan bumbu.

Selamat mencoba resep ini bersama keluarga dan sahabat kamu ya