CAMILAN SEHAT, GRANOLA BARS TANPA OVEN

478
Granola adalah makanan yang disajikan saat makan pagi (sarapan) atau sebagai makanan kecil yang terkenal di Amerika Utara. (sugarfreemom.com)

Hijaudaun.net – Berkumpul dengan banyak teman-teman dan keluarga akan punya banyak waktu bersama. Tidak ada salahnya kalian mencoba untuk membuat Granola Bars Tanpa Oven dalam waktu singkat sambil membicarakan hal-hal seru di dapur rumah. Camilan ini bisa dikonsumsi juga bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

freshoffthegrid.com

Apa sih granola itu? Granola adalah sajian snack kering dari biji oat yang telah dipipihkan, dikukus dan dipanggang. Biasanya pada proses pemanggangan, biji oat pipih ini juga dicampurkan dengan beberapa jenis biji-bijian, kacang-kacangan cincang dan jenis beras-berasan.

mykitchenescapdes.com

Biji-bijian ini biasanya dari jenis biji bunga matahari, biji labu, dan biji semangka. Sedang kacang-kacangan yang lazim dipilih adalah jenis kacang almond, kacang kenari atau kacang hazel.

Granola berbentuk kering, renyah dan gurih meski tidak mendapatkan tambahan bumbu apapun. Karenanya granola lazim digunakan sebagai sereal sarapan yang disajikan bersama pisang, strawberry, susu, yogurt, madu atau malah dijadikan camilan sehat.

Pada umumnya, orang yang mengonsumsi granola sebagai bagian dari menu diet. Kandungan serat oat  lebih tinggi dari gandum, cocok dengan kandungan serat pada biji-bijian dan kacang-kacangan. Yuk, langsung kita simak cara membuat camilan sehat granola bars tanpa oven yang dikutip dari resephariini.com:

pamelasalzman.com

Bahan-bahan :

  • Rolled oats / oatmeal 160 gram
  • Kismis 50 gram, cincang
  • Chocochips 50 gram (bisa dihilangkan jika memang digunakan untuk menu diet)
  • Kacang mete 50 gram
  • Selai kacang 4 sendok makan
  • Madu 4 sendok makan (sebagai pengganti gula)

Cara Membuat Granola Bars :

  1. Pertama-tama siapkan loyang ukuran 20x20cm, beri alas plastik wrap atau kertas baking, lebihkan hingga ke sisi loyang supaya nanti memudahkan mengangkat granolanya, sisihkan.
  2. Sangrai rolled oats sampai garing dan kecoklatan denngan menggunakan api kecil kurang lebih selama 15 menit sambil sering diaduk, angkat lalu letakkan di dalam mangkuk.
  3. Sangrai kacang mete sampai matang dan kecoklatan
  4. Siapkan panci, campur selai kacang dan madu, panaskan sebentar dengan api kecil sambil diaduk sampai tercampur, angkat jika sudah tercampur.
  5. Di mangkuk berisi rolled oats, tambahkan kismis cincang, chocochips dan kacang mete, aduk perlahan, kemudian tuang campuran madu selai kacang, aduk sampai tercampur rata.
  6. Masukkan ke dalam loyang, ratakan dengan tangan sambil disebarkan merata diloyang,
    tekan-tekan dengan bagian bawah gelas supaya adonan granola menjadi padat.
  7. Selanjutnya simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 15-20 menit sampai mengeras,
    keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat plastik wrap yang berlebih di sisi loyang,
    potong-potong sesuai selera.
  8. Siap dinikmati, atau bisa disimpan di wadah kedap udara.

Nah semoga resep sederhana namun menyehatkan ini bisa bermanfaat ya. Kamu bisa kreasikan menjadi strawberry granola bars yang kini cukup disukai banyak orang, dengan menambahkan buah strawberry dalam proses pembuatannya.
Selamat mencoba