POHON DARI BULAN UNTUK HIJAUKAN BUMI

271
(sabekasi.com)

Hijaudaun.net – Menanam sejuta pohon tidak hanya dilakukan di bumi, seorang astronaut yang turut dalam misi Apollo 14 pun melakukannya. Hari sejuta pohon yang jatuh pada 10 Januari, pada bulan yang sama astronaut tersebut membawa bibit tanaman ke bulan.

Tepatnya pada 31 Januari 1971 lalu, Amerika Serikat kembali meluncurkan manusia ke Bulan melalui misi Apollo 14. Selain manusia, makhluk hidup lain yang turut serta pada misi itu yakni bibit tanaman dengan jenis American Sycamore (Moon Tree) atau Pohon Bulan.

(wikipedia.org)

Melalui History Channel, NASA menjelaskan, misi kali ini membawa tiga astronout, Alan Shepard Jr, Edgar Mitchell dan Stuart Roosa.

Setelah mengalami beberapa kali kesulitan, dua dari tiga astronout ini berhasil menjejakkan kaki di Bulan pada 5 Februari. Shepard dan Mitchell bertahan selama 34 jam di permukaan satelit Bumi itu untuk mengumpulkan sampel dan melakukan beberapa percobaan.

Sedangkan Roosa, mengorbit di atas Bulan menggunakan modul komando. Tanpa diketahui banyak orang, ternyata Roosa membawa ratusan benih pohon yang merupakan bagian dari proyek bersama NASA dengan United States Forest Service (USFS).

Sepulangnya ke Bumi pada 9 Februari, benih-benih ini kemudian ditanam oleh USFS di seluruh penjuru AS. Benih inilah yang dikenal sebagai “Pohon Bulan” dan didedikasikan bagi Roosa dan program Apollo.

(amazonaws.com)

Roosa sendiri wafat pada Desember 1994. Namun, Pohon Bulan-nya terus berkembang dan hingga kini keberadaannya yang sudah menyebar terus didata kembali oleh pihak NASA. Menurut NASA, pohon dari bulan tersebut masih tumbuh di Arkansas, California, Alabama, Florida, Idaho, Indiana, Mississippi, Massachusetts, Maryland, North Carolina, Oregon, Pennsylvania, Washington, Utah, Virginia dan Tennessee.