Petani Buncis Asal Lembang Raih Penghargaan dari PBB

123

Hijaudaun.net – Petani sayur asal Lembang, Bandung Barat bernama Ulus Pirmawan (43) masuk dalam lima besar peraih penghargaan sebagai petani teladan pada peringatan Hari Pangan Sedunia di Bangkok, Thailand pada 16 Oktober 2017.

Penghaargaan ini diberikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Food and Agriculture Organisation (FAO). Dirinya mewakili Indonesia bersama empat petani teladan lainnya di kawasan Asia, Nepal, Jepang, Thailand, dan Srilangka.

Penghargaan ini diterima atas konsistensi dan keuletan Ulus mengembangkan produk pertanian ramah lingkungan dan mencetak pertanian terpadu.

Melalui Kelompok Tani Wargi Panggupay yang memiliki lima kelompok (masing-masing kelompok 20 petani), mereka mengekspor sayur hingga ke Singapura serta rutin. Hasil tani di pasar lokal bisa ditemui di Toko Tani Indonesia Center di Ragunan, Jakarta Selatan.

“Saya ingin produk pertanian kita dikenal seluruh dunia dan ekspor hasil kebun petani terus meningkat. Dengan begitu ada kemajuan ekonomi dirasakan petani kita,” kata dia.

Ulus Pirmawan sendiri juga pernah diundang ke Jepang untuk mengikuti atau melihat langsung bagaimana pengelolaan sektor pertanian di negara itu termasuk pemasarannnya pada 2014.