KAPAL RAINBOW WARRIOR GREENPEACE BERSANDAR DI INDONESIA

153
Sumber: Tempo.co

Kapal Rainbow Warrior Greenpeace telah bersandar di Indonesia. Kehadiran kapal tersebut akan mengajak masyarakat setempat khususnya, dan penduduk Indonesia pada umumnya, untuk mengingat kembali seperti apa kondisi aIam di masa lampau dan faktanya kini.

Berangkat dari haI itu, Greenpeace berharap akan ada tindakan nyata berbagai pihak untuk memulihkan alam Indonesia yang kini sebagian besar telah rusak.

Setelah 22 tahun tak kenal lelah berada di garis depan kampanye, Rainbow kedua memasuki waktu pensiun dari tugasnya di  Greenpeace pada tanggal 16 Agustus 2011.

Kapal Ranbow Warrior kedua – yang menggantikan Rainbow Warrior pertama yang dibom pada tahun 1985 – saat berkampanye menghentikan uji coba nuklir di Pasifik, memblokir pelabuhan batubara dan menghentikan operasi penangkapan ikan yang merusak.

Ini adalah sebuah warisan yang sangat membanggakan – dan Rainbow Warrior ke tiga, yang mulai operasi pada 14 Oktober 2011 , sangat siap untuk mengawal kampanye Greenpeace lebih dari kapal greenpeace sebelumnya.

Di Indonesia, kapak ini singgah pertama kali di Bumi Cendrawasih, tepatnya di Manokwari, kemudian berlayar ke Raja Ampat. Dalam kegiatan kampanyenya di Papua, Greenpeace hendak mengingatkan semua pemangku kepentingan betapa pentingnya hutan bagi masyarakat asli Papua.

Dalam kunjungannya tersebut Greenpeace Indonesia juga telah melakukan aksi nyata terkait kebijakan Perhutanan Sosial. Dengan melakukan pendampingan dan penguatan masyarakat Kampung Manggrohoio dan Sira di Sorong Selatan, yang kini telah mendapatkan izin pengelolaan hutan desa.

Setelah Papua, kapal akan singgah di Bali. Di pulau Dewata akan melakukan kampanye dan edukasi hidup bersih dan bebas sampah di masyarakat. Selain itu juga akan dilakukan diangkat tema Bali Tolak Reklamasi dan  sosialisasi kebersihan udara lewat penolakan PLTU Batubara.

Sejak Senin (23/4) lalu Kapal Rainbow Warrior Generasi ketiga Greenpeace yang dinakhodai oleh Kapten Peter Willcox saat bersandar di Terminal Penumpang Nusantara, kompleks Pelabuhan Tanjung Priok.

Kamu bisa melihat secara langsung kapal Rainbow Warrior  Greenpeace ini dengan mendaftar secara online di

https://www.eventbrite.com/d/netherlands–amsterdam/open-boat-rainbow-warrior-jakarta/?q=OPEN+BOAT+RAINBOW+WARRIOR+jakarta&mode=search