BIOCHAR, ANCAMAN EKOSISTEM BAGI MANUSIA

212

Hijaudaun.net – Penambahan arang (biochar) ke dalam tanah diusulkan sebagai strategi untuk alat memperbaiki tanah degradasi. Bahkan ada yang mengklaim bahwa biochar menyerap banyak karbon sehingga bumi mengalami kerusakan ekosistem. Sayangnya pendapat ini masih pro dan kontra.

Menurut sumber dari http://www.downtoearth-indonesia.org menyebut, pertanian agroekologi skala kecil dan perlindungan terhadap ekosistem alamiah merupakan jalan yang efektif untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Alternatif yang sudah terbukti inilah yang harus didukung.

Masyarakat adat dan petani telah mengembangkan berbagai cara untuk merawat tanah dan keanekaragaman hayati, dan hidup berkelanjutan. Metode yang disesuaikan dengan kebiasaan dan budaya setempat ini tergantung akan iklim, tanah, palawija dan kenekaragaman hayati dalam suatu wilayah.

Sementara itu, Litbang.pertanian.go.id  memberikan kesimpulan tentang penerilian biochar ini berhasil membantu kesuburan tanah. Memiliki dua unsur manfaat, yakni memiliki unsur hara dan persisten tanah yang tinggi, kedua sebagai bahan amelioran tanah yang baik.