BELAJAR KELOLA SAMPAH ELEKTRONIK DARI RJ

155

Hijaudaun.net – Muhammad Rafa Ibnusina, biasa dipanggil RJ ini telah berhasil menulis buku E-waste. Menyusun buku ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan karena diawali dengan riset yang menyenangkan bersama teman-teman tentang mengelola sampah elektronik.

RJ lahir pada 7 Februari 2003 di Jakarta. Siswa kelas 6 SD di Sekolah Cikal Jakarta ini gemar pelajaran matematika, IPS, komputer, art, musik, dan olahraga. RJ aktif berkegiatan outdoor, futsal, sepakbola, in-line skate, berenang, skateboardsnorkeling, dan hiking.

Khusus untuk futsal, RJ adalah kapten dari Cikal Sport Team sepanjang tahun 2014 dan berhasil memboyong beberapa kejuaraan. RJ juga terampil bermain keyboard, senang mendengarkan musik, dan membuat film pendek menggunakan aplikasi dari gadgetnya. RJ suka traveling dan makan pasta, sushi, ayam goreng & makanan Bugis.

RJ punya puluhan kakak asuh usia SMA yang tinggal di Asrama Yayasan Muslim Jabal Haq Bekasi. RJ pun mulai menulis ketika berusia 6 tahun, buku diary yang berisi kegiatannya sehari-hari yang diselipkan gambar.

Melalui website ewasterj.com dia menulis tentang sampah yang berasal dari barang elektronik rusak dan tidak dapat dipakai lagi banyak mengandung racun. Dia juga punya gerakan sosial pengumpulan e-waste untuk diolah dan didaur-ulang secara proper oleh perusahaan pengolah e-waste.

Buat kalian yang ingin berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah eletronik ini dapat berseluncur di dunia maya melalui  #ewasteRJdropzone. Aksi menempatkan e-wasteke dalam wadah yang sudah disediakan, #ewasteRJbox.

RJ juga sudah berkeliling dunia mewakili anak Indonesia untuk ikut menyosialisasikan tentang pengelolaan sampah elektronik. Buat kamu yang  ingin berinteraksi dengan RJ bisa melalui email ewasteboxRJ@gmail.com atau twitter @EwasteRJ.