TIPS SEHAT SETELAH LIBUR LEBARAN

125
Sumber: media.buzzle.com

Selamat hari Senin, selamat kembali berkatifitas greeners. Setelah libur panjang dan lidah dimanjakan dengan menu lebaran yang super nikmat, kini saatnya kembali ke dunia nyata.
Saatnya men-detoks tubuh supaya kembali normal.

Mengembalikan berat badan semula, jadwal buang air besar normal, dan jadwal tidur yang juga kembali seperti sediakala. Rupanya, itu saja tidak cukup. Ada beberapa hal lain sebaiknya kamu lakukan untuk membiasakan tubuh menghadapi rutinitas kembali. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara sederhana.

1. Olahraga Ringan

Cara yang murah dan efektif dalam proses pembakaran kalori yakni dengan melakukan gerakan ringan yang kontinyu. Misalnya, berjalan cepat yang dilakukan setiap hari juga merupakan latihan yang paling disarankan. Kamu bisa melakukannya dengan memarkir kendaraan dengan jarak lebih jauh dari biasanya, supaya kemu bisa sekaligus menggerakkan kaki.

Jika kantor atau kampus kamu ada di lantai 2 atau 3, bisa kamu mulai ke ruangan dengan memilih menaiki tangga daripada lift. Bagi kamu yang ingin membakar kalori lebih banyak lagi, kamu bisa sediakan waktu khusus untuk ke Gym atau mengaktifkan kembali agenda lari sore atau bersepeda.

2. Makan sedikit, tapi Sering.

Setiap kali kamu melakukan gerakan peristaltic dalam mulut saat makan atau sekedar mengudap, sistem pencernaan akan bekerja dan mencerna makanan kemudian menyerap nutrisi. Untuk mencerna dan melakukan proses ini tentu saja dibutuhkan kalori. Oleh karena itu, masuk akal bila kamu semakin sedikit makan namun sering, makin banyak kalori yang dibakar.

3. Mengkonsumsi Produk Susu Rendah Lemak

Kalsium yang terkandung dalam susu rendah lemak diklaim membantu membakar lebih banyak kalori. Pada sebuah riset, sering mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi termasuk susu rendah lemak dapat menurunkan lemak perut. Cara lainnya bisa juga dengan minum air teh hitam dan teh hijau. Karena teh adalah minuman menyehatkan mengandung kafein, yakni stimulan yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

Sumber: nasionalpost.com

4. Minum Air Putih

Minum hampir delapan gelas air (2 liter) dalam satu hari dapat membantu membakar ekstra 100 kalori. Nampaknya seperti kecil yah, namun bila dihitung dalam seminggu bisa mencapai 700 kali atau 2.800 sebulan.
Mudah kan? Meski tidak harus diet ketat, aktivitas ringan ini bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kestabilan berat badan loh.