PENTINGKAH MEMBELI SAYUR DAN BUAH POTONG?

408
Sumber : jovinacooksitalian.com

Apakah kamu termasuk orang yang sering pergi ke supermarket dan membeli buah potong?

Jika iya, kamu perlu hati-hati dalam membeli buah potong. Banyak supermarket menawarkan sayuran dan buah-buahan yang sudah dipotong-potong. Sayuran yang sudah dipotong sesuai kelompoknya sehingga memudahkan kamu untuk memasak seperti sayur sop, sayur asem dan lain sebagainya.

Disisi lain, sayur dan buah yang sudah dipotong tentu memiliki kualitas yang berbeda dengan yang belum dipotong. Belum lagi kamu juga tidak mengetahui proses pemotongan sayur dan buah.  Apakah sayur dan buah yang sudah dipotong masih layak untuk dibeli? Berikut ini menurut msn.com dampak membeli sayur dan buah potong:

  1. Sudah tidak segar

Kesegaran sayur dan buah yang sudah dipotong tentu berbeda. Pemotongan sayuran dan buah-buahan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam sayur dan buah. Sehingga, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna, rasa, tekstur, dan kelembaban sayur dan buah.

Kandungan air dalam sayur dan buah yang sudah dipotong tentu bisa menguap, sehingga akan mengurangi kelembabannya. Hal ini juga dapat mengurangi umur simpan sayur dan buah.

Sumber: : thehealthsite.com
  1. Kandungan  gizinya sudah sedikit hilang

Pemotongan sayur dan buah  menghilangkan sedikit kandungan gizinya. Kehilangan kandungan nutrisinya. Beberapa vitamin dan mineral yang tidak tahan panas juga bisa menguap setelah sayur dan buah dipotong, seperti vitamin C.

  1. Berisiko terkena kontaminasi

Sayur dan buah yang telah dipotong tentu menyimpan mikroorganisme dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran dan buah yang masih utuh. Pemotongan sayur dan buah serta suhu selama penyimpanan dapat menyebabkan jumlah mikroorganisme aerobik mesofilik meningkat.

Sayur dan buah yang sudah dipotong ditempatkan dalam wadah yang kedap udara, namun proses selama pemotongan dapat meningkatkan jumlah mikroorganisme yang terkandung di dalamnya.

Dengan begini, apakah kamu masih ingin membeli buah potong apa enggak?