MELAWAN RADANG TENGGOROKAN DENGAN OBAT HERBAL

132
Sumber: The Health Site

Apakah diantara kamu pernah mengalami sakit pada tenggorokan? Bahkan mungkin hingga berlanjut menjadi radang. Perlu kita ketahui, bahwa penyebab sakit tenggorokan beragam. Pada umumnya penyakit ini terjadi karena infeksi kuman ataupun alergi.

Infeksi kuman pada tenggorokan yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari penggunaan antibiotik untuk melawan penyakit ini. Kamu cukup melawannya dengan obat alami yang ada di sekitar kita.

Jeruk Lemon
Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman dan menghiangkan lender pada tenggorokan.

Cengkeh
Cara pemanfaatan cengkeh cukup mudah, kamu cukup menyediakan 1-3 sendok cengkeh bubuk dan segelas air matang. Campurkan cengkeh ke dalam air, lalu gunakanlah untuk berkumur. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Madu
Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan. Carakonsumsi bisa dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu).
Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon. Konsumsi secara teratur sehari 2-3 kali hingga sakit tenggorokannya sembuh.

Sumber: Remedies and Herbs

Garam
Larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.

Teh Hangat
Segelas teh hangat dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan yang ampuh dan juga nikmat. Teh mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan keadaan radang yang menyebabkan nyeri tenggorokan. Teh juga dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi kuman.

Sup Ayam
Makanan sederhana yang biasa kita temukan ini ternyata dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Selain rasanya yang enak, ternyata kaldu sup ayam yang mengandung natrium dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kaldu tersebut mempunyai efek antiradang.

Air Putih
Konsumsi air putih yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan selalu lembab, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman.