MADU HITAM, TAK KALAH SEHAT DENGAN MADU KUNING

1523

Hijaudaun.net – Ingin menambahkan minuman kamu dengan sesuatu yang manis tetapi alami? Madu menjadi solusinya, selain manis alami, madu memiliki banyak manfaat.

Tapi, tahukah kamu jika ada banyak macam jenis madu. Seperti yang kita ketahui bahwa madu berwarna kuning kecoklatan atau hitam, ada yang manis dan pahit. Apa perbedaan antara madu hitam manis dan madu hitam pahit?  Lalu, sebaiknya kamu mengonsumsi madu yang mana?

Perbedaan Rasa

Perbedaan pertama yang sudah jelas dan tentu saja dapat kamu pahami terletak pada rasa.

Madu hitam dengan rasa manis dan madu dengan rasa pahit. Rasa pahit ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh lebah penghasil madu. Lebah penghasil madu mengonsumsi sari bunga dari kuncup pohon. Sari bunga atau nektar tersebut terasa pahit, rasa pahit tersebut yang membuat madu hitam terasa pahit.

Sepahit-pahitnya madu masih akan terasa manis, hanya saja kadar manisnya tidak sedominan rasa pahitnya. Hal ini karena lebah penghasil madu mengonsumsi nektar dari pohon pelawan, paitan, kaliandra, bunga singkong karet, dan juga pohon mahoni.

Perbedaan Khasiat

Perbedaan lainnya atau perbedaan yang kedua terlihat pada khasiat atau manfaat dari madu tersebut.

Madu hitam yang rasanya pahit memiliki khasiat yang lebih banyak daripada madu hitam yang rasanya manis. Jadi, kamu bisa memilih madu sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini akan diuraikan manfaat dari madu hitam yang rasanya manis dan madu hitam yang rasanya lebih pahit.

Khasiat Madu Hitam Manis

Perbedaan madu hitam manis dan pahit terletak pada khasiatnya. Khasiat madu hitam manis memang tidak sebanyak madu hitam pahit, tapi bukan berarti madu jenis ini tidak berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Madu hitam manis berkhasiat untuk menyebabkan berbagai macam penyakit kulit, seperti bekas luka gores, luka bakar, bahkan bekas jahitan operasi. Madu ini berfungsi sebagai antibiotika.

Cara menggunakannya, kamu cukup mengoleskannya pada bagian bekas luka atau jahitan yang terdapat pada bagian tubuh.

Madu jenis ini juga berkhasiat untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga. Selain itu, madu jenis ini juga bisa membantu mengobati jerawat.

Madu ini jenis ini juga bisa diminum untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Khasiat Madu Hitam Pahit

Setelah panjang lebar membahas khasiat dari madu hitam manis, rasanya akan kurang lengkap jika tidak berbicara panjang lebar mengenai khasiat dari madu hitam pahit.

Madu hitam pahit ini lebih direkomendasikan untuk pengobatan. Ya, madu jenis ini memang khasiatnya lebih banyak untuk kesehatan tubuh. Alasannya karena madu jenis ini mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Detoksifikasi berarti membuang racun yang mengendap di dalam tubuh. Itulah sebabnya madu jenis ini sangat direkomendasikan untuk pengobatan.

Khasiat dari madu hitam pahit adalah berbagai macam jenis penyakit, termasuk penyakit kronis seperti diabetes, jantung, ginjal, stroke, hipertensi, liver, dan anemia. Mampu mengobati alergi, lemah syahwat, masalah mata, dan berbagai macam keluhan penyakit lainnya.

Selain itu, bagi kamu yang ingin melakukan diet, madu hitam pahit menjadi salah satu solusi untuk menambah menu di program diet.

Bagaimana? Tertarik mencoba madu hitam?