BUNGA TELANG UNTUK OBAT HERBAL

766
Sumber: bukalapak.com

Bunga telang merupakan tanaman rambat yang sering tumbuh di perkarangan rumah. Tanaman ini biasa dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga ini disebut juga Butterfly Pea atau blue pea flower kelompok dari Clitoria ternatea.

Bunga berwarna biru ini adalah tanaman suku polong-polongan berbunga yang unik. Tak hanya cantik, bunga telang juga memiliki bamyak manfaat untuk kesahatan tubuh.

Bunga ini tidak jauh beda dengan bunga rosela yang bisa dijadikan teh untuk mendapatkan khasiatnya. Bunga telang tidak hanya diolah menjadi teh, tapi bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah.

Menurut khasiat.co.id berikut ini adalah kandungan pada bunga telang flavonoid, fenol, alkaloid, saponin, sulfur, co-oksalat, triglucoside dan juga kandungan lainnya. Banyaknya kandungan dalam bunga telang, tentunya memiliki berbagai macam manfaat diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengobati sakit telinga
  2. Mengobati bisul
  3. Mengobati gangguan pada penglihatan
  4. Membantu mencuci darah
  5. Sebagai detoksifikasi
  6. Sebagai obat batuk
  7. Mengatasi gangguan seksual pada wanita
  8. Mengatasi stres
  9. Meningkatkan kekuatan otak
  10. Mengobati infeksi tenggorokan
Sumber: tokopedia.net

Cara menggunakan bunga telang sebagai obat herbal ada dua cara yaitu:

Obat luar (untuk dioles di bagian luar tubuh)

Ambil 20 buah bunga telang haluskan oleskan pada bagian yang perlu diolesi seperti bisul.

Obat dalam (untuk dikonsumsi)

Ambil 10 bunga telang rebus bersama 100 ml air. Rebus hingga mendidih, tambahkan kayu manis untuk menambah cita rasa. Tambahakan madu untuk menambah rasa manis. Madu bisa ditambahkan sesuai selera.

Selamat mencoba…