BUNGA ROSELA, INDAH NAN SEGUDANG MANFAAT

655
(okeinfo.net)

Hijaudaun.net – Bunga indah dengan segudang manfaat bagi kesehatan tentu menjadi nilai lebih. Salah satu bunga yang bisa kita gunakan untuk menurunkan tekanan darah yakni Bunga Rosela. Bunga ini memiliki beragam warna, ada merah, kuning, putih hingga warna persik.

Bunga Rosela  dapat dimanfaatkan sebagai teh, hingga kini dikenal dengan Teh Rosela. Teh ini terbuat dari Bunga Rosela yang sudah mekar. Banyak manfaat Teh Rosela untuk kesehatan. Hasil penelitian Herrera Arelano(2004) menyatakan bahwa konsumsi ekstrak kelopak Rosela yang telah distandarisasi setiap hari selama empat minggu, mampu menurunkan tekanan darah.

Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 Liter air. Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan darah diastolic sebesar 10,7 % setelah diberi terapi Teh Rosela selama 12 hari pada 31 penerita hipertensi sedang, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Menurut sumber www.alodokter.com manfaat lain dari Teh Rosela  antara lain menambah nafsu makan, menurunkan demam, mencegah penyakit jantung dan saraf. Selain itu, manfaat teh ini juga sebagai pereda nyeri saluran pernapasan bagian atas, retensi cairan, iritasi lambung, mengencerkan dahak, sebagai diuretik untuk meningkatkan pembuangan urine, dan sebagai agen kemopreventatif terhadap tumor.

(http://res.cloudinary.com)

Ada dua cara pembuatan Teh Rosela yaitu bahan segar dan kering. Simak cara pembuatannya di bawah ini.

  1. Teh Rosela segar

Petik Bunga Rosela yang masih segar kemudian cuci bersih, rebus dengan air. Tuangkan kedalam gelas. Tambahkan madu atau gula jawa untuk menambah cita rasa manis.

  1. Teh Rosela kering

Ambil 15 kelopak bunga rosela kering. Kemudian tambahkan sedikit kayu manis dan seduh dengan air panas, biarkan sampai air berubah warna. Saring, lalu tambahkan 3 sendok madu dan 1 sendok perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

Untuk penderita maag bisa menambahkan gula atau madu sampai rasa Teh Rosela manis agar aman untuk dikonsumsi. Karena rasa asam pada Rosela yang sangat kuat. Selamat mencoba