BUAH SEHAT UNTUK IBU HAMIL

229
Ketika wanita tengah menjalankan masa kehamilannya, mereka di anjurkan untuk mengkonsumsi buah-buhan untuk ibu hamil. (solusisehatku.com)

Hijaudaun.net – Halo calon ibu yang sedang hamil,  sudah saatnya kamu berfikir lebih jauh tentang apa yang akan dikonsumsi berdua bersama si buah hati.  Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat gizi lengkap, terutama buah-buahan.

Buah banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh ibu dan janin. Pada umumnya, buah-buahan untuk ibu hamil juga bisa dijadikan camilan sebagai pengganti makanan ringan.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam buah-buahan, buah juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi sulit BAB alias sembelit pada ibu hamil.

Hallosehat.com menyebut, Beta-karoten dari vitamin A dalam buah berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi. Asam folat dalam buah dapat membantu mencegah cacat lahir dan anemia. Kalium dalam buah membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Apa saja rekomendasi buah-buahan untuk ibu hamil?

 

(statik.tempo.co)
  1. Pisang

Kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan dan menjaga tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Pisang juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat menjadi alternatif makanan jika ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

 

(www.shbarcelona.com)
  1. Jeruk

Mengandung vitamin C, folat, dan serat. Hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

 

(www.healthline.com)
  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium. Alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jika memakannya terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

(http://assets.kompas.com)
  1. Mangga

Mangga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, vitamin C sebagai antioksidan. Vitamin A dalam mangga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

 

(cdns.klimg.com)
  1. Blueberrry, strawberry, dan raspberry

Buah-buahan berry ini mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi. Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C dapat membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Buah-buahan ini juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Selain buah-buahan di atas, buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil adalah kiwi, pepaya, anggur, semangka, melon, dan masih banyak lagi buah-buahan lainnya. Buah-buahan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.