BAHAYA KONSUMSI KERANG BERLEBIH

231
(demandstudios.com)

Hijaudaun.net – Jenis makanan laut memang beragam. Namun, belakangan banyak sekali resto yang menyediakan menu spesial khusus kerang. Kerang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menimbulkan penyakit bagi manusia.

Bahaya makanan kerang yang berlebih dikupas tuntas oleh halosehat.com yang menyatakan bahwa kerang tak seperti ikan. Para ahli menemukan bahwa kerang bersifat statis di mana para kerang mendapatkan makanannya dengan menyedot apapun yang ada di sekitarnya.

Tanpa menggunakan filter atau sejenisnya, kerang akan menyantap apa saja sehingga kerang bisa saja menyedot hal-hal yang mengandung zat-zat berbahaya sekalipun. Bahkan kita pun tak tahu bukan bahwa di dalam kerang ada kemungkinan terdapat logam berat? Berikut ini merupakan rangkuman akan bahaya dari mengonsumsi kerang.

(simplyfreshdinners.com)
  1. Logam Berat

Kemungkinan besar logam berat pun ikut tersedot oleh kerang saat mencari makan. Padahal logam berat masih termasuk dalam limbah industri. Logam berat di dalam tubuh kerang bisa berbahaya bagi tubuh manusia yang mengonsumsi kerang tersebut, baik secara langsung maupun tak langsung.

2. Kotoran Manusia

Tahukah Anda bahwa kerang bukan hanya menyedot zat-zat kimia berupa logam berat saja, melainkan juga kotoran manusia pun bisa saja ikut masuk ke dalam tubuh si kerang. Akumulasi dari segala zat dan kotoran itulah yang bisa mengancam kesehatan tubuh dan menjadi racun mematikan.

3. Overdosis Selenium

Selenium memang dibutuhkan oleh tubuh supaya fungsi sistem kekebalan tubuh dan hormon tiroid dapat bekerja secara maksimal. Asupan mineral selenium harian yang paling tepat dan dianjurkan adalah 55 mg dan beberapa porsi kerang hanya akan melebihkan asupan selenium dari yang seharusnya.

(pinterest.com)

4. Overdosis Zat Besi

Zat besi berfungsi sebagai pembentuk energi seluler dan pengangkut oksigen. Hanya saja, makan kerang terlalu sering dan banyak juga otomatis melebihkan asupan zat besi yang seharusnya di mana efek sampingnya bisa berupa:

  • Diare
  • Perut terasa sakit
  • Diabetes
  • Kerusakan hati

5. Overdosis Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin penting dalam proses produksi hemoglobin atau HB serta membawa darah dan oksigen pada seluruh tubuh. Sayangnya, makan kerang terlalu banyak juga bisa menambah asupan vitamin B12 secara berlebih dan hal ini akan mengakibatkan timbulnya beberapa masalah kesehatan seperti misalnya:

  • Kulit beruam
  • Kulit gatal-gatal
  • Penyakit pembuluh darah alias trombosis vaskular perifer.
  • Diare
(angsarap.com)

6. Keracunan

Ada beberapa jenis racun yang terdapat di dalam tubuh kerang karena sifatnya yang menyedot apapun demi dapat makan dan bertahan hidup. Di bawah ini merupakan bahaya racun yang bisa terjadi pada pengonsumsi kerang.

  • Neurologic shellfish poisoning – Racun jenis ini biasanya akan menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri sendi, mual, muntah, hingga vertigo. Penderitanya pun kemungkinan akan mengalami rasa menggigil seperti gejala flu.

 

  • Paralitic shellfish poisoning – Racun jenis ini biasanya akan memunculkan gejala seperti rasa baal pada bagian gusi, lidah dan bibir di mana gejala-gejala tersebut akan mulai dialami 30-45 menit setelah memakan kerang. Gejala keracunan perlu segera ditangani karena bila terlambat bisa berakibat kematian.

 

  • Diarrheal shellfish poisoning – Untuk racun jenis ini pada umumnya lebih sering dialami oleh orang-orang Jepang dan Eropa. Tanda-tanda yang dialami biasanya adalah adanya gangguan pencernaan seperti diare dan racun ini bakal menyerang hingga 2 hari lamanya.

 

  • Amnestic shellfish poisoning – Racun jenis ini akan menyebabkan seseorang mengalami mual, pusing, muntah, hingga hilang ingatan secara jangka pendek. Ada pula tanda-tanda lain yang dapat menyusul seperti kejang sampai dengan kondisi koma. Bila tak segera ditangani secara benar, maka ada risiko penderita kehilangan fungsi kognitif.

 

Waspada bahaya kerang dan mengenali efek buruknya akan lebih baik untuk mencegah segala kemungkinan yang tidak diinginkan.