5 TANAMAN HIAS YANG COCOK UNTUK RUANGAN KAMU!

699
(https://arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com)

Hijaudaun.net – Rumah ibaratnya adalah tempat persinggahan untuk mencari kedamaian dikala padatnya rutinitas bekerja. Aman, nyaman, dan bersih menjadi faktor utama untuk menjadikan rumah kita sebagai tempat yang damai di hati.  Penambahan interior menjadi aktivitas tersediri bagi kaum hawa khususnya, untuk mempercantik rumah. Tak hanya enak dipandang melainkan menjadi kesan tersendiri bagi si penghuni rumah.

Saat ini, banyak desainer interior rumah menambahkan tanaman hidup kedalam ruangan. Cara ini banyak diaplikasikan sebagai solusi keterbatasan ruang, bagi yang tidak memiliki halaman untuk bercocok tanam. Tapi sepertinya, gaya back to nature membuat cara klasik ini kembali menjadi tren dari beberapa waktu lalu hingga hari ini.

Hijaunya tanaman dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Tak hanya dari segi visual, hadirnya tanaman di dalam rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Oleh karena itu, cara ini semakin pas dengan tren gaya hidup serba sehat, bukan?

Tapi, tidak semua tanaman yang cantik cocok ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman yang relatif toleran ditempatkan di dalam ruangan memiliki beberapa kriteria fisik; diantaranya, struktur batang yang lunak, jumlah daun yang cukup banyak, dan ukuran yang relatif pendek.

Beberapa jenis tanaman hias di bawah ini tak hanya cocok ditempatkan di sudut ruangan Anda tapi juga menyimpan manfaat di balik pesonanya.

  1. Spider Plant
(http://www.gardenloversclub.com)

Tanaman nama dengan nama latin Chlorophytum comosum ini sangat mudah dipelihara dan dibudidayakan. Jika batangnya menyentuh tanah, tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini akan cepat mengakar. Spider Plant justru tumbuh dengan baik dengan pencahayaan matahari yang tidak langsung. Spider Plant juga disebut-sebut mampu menyerap racun, bahan-bahan kimia, dan membersihkan udara.

 

  1. Sansevieria
(https://assets.bakker.com)

Daun yang keras seperti karakter sukulen, tegak, dan ujung meruncing adalah karakter utama tanaman yang popular dengan julukan Lidah Mertua ini.

Kamu cukup menyiramnya sekali atau dua kali dalam seminggu dengan kadar air sekitar dua 25 hingga 30 ml per satu kali peniraman.

Air yang terlalu banyak justru hanya akan mengundang bakteri dan penyakit. Jangan lupa untuk memerhatikan perawatan daunnya agar tidak mudah patah karena pesonanya terdapat pada liukan daunnya.

 

  1. Sirih Gading
(http://g4.delphi.lv)

Tanaman cantik yang dikenal juga dengan nama Devil’s Ivy ini adalah tanaman merambat yang bisa hidup di tanah mau pun di air.

Kemampuan adaptasinya luar biasa; hanya dengan memetik batangnya dan menancapkannya di media tanam atau pot air, peluangnya untuk berkembang sudah sangat besar. Agar tetap tampil cantik, ganti air paling tidak dua atau tiga hari sekali.

 

  1. Monstera
(https://assets.bakker.com)

Daya Tarik utama tanaman ini terletak pada aksen lubang dan sobekan-sobekan pada dunnya. Bentuk daun yang unik ini ternyata juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.

Hanya saja, baiknya kamu meletakkannya pada area yang jauh dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak karena daunnya yang beracun bila tak sengaja terkunyah.

 

  1. Philodendron
(https://ak1.ostkcdn.com)

Dalam bahasa Yunani Philodendron berasal dari kata Philo yang berarti cinta, dan Dendron yang berarti pohon sehingga Philodendron disebut juga pohon cinta.

Salah satu tanaman popular yang masuk keluarga Philodendron adalah tanaman Kuping Gajah. Struktur daun-daun pada keluarga besar tanaman ini menyerupai hati yang merupakan daya pikat kecantikan utamanya.

 

Secara keseluruhan, tanaman untuk di dalam ruangan biasanya lebih adaptif terhadap kebutuhannya akan cahaya matahari. Namun jangan lupa untuk  mengeluarkannya di tempat terbuka minimal seminggu 3 kali. Atau bisa juga jika kamu sempat, saat pagi hari kamu mengeluarkan tanaman tersebut paling tidak 1 hingga 2 jam lalu taruh kembali dalam ruangan. Gunanya untuk mendapatkan cahaya matahari langsung. Karena cahaya matahari adalah cara terbaik untuk merawat tanaman.