15 MAKANAN PENINGKAT KEKEBALAN TUBUH

112

Hijaudaun.net – Musim pancaroba memaksa kita untuk terus dalam kondisi fit agar dapat menjalani aktivitas dengan lancar. Namun, terkadang makanan yang kita konsumsi tidak cukup untuk membantu memperkuat antibody.

Berikut ada 15 makanan peningkat kekebalan tubuh:

  1. Buah jeruk
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dikenal untuk melawan infeksi dan membuat Anda tetap sehat. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi,
  2. Bawang putih
    Bawang putih adalah anggota dari keluarga bawang dengan potensi meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa ini bersifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Bawang putih adalah antioksidan alami yang mengurangi radikal bebas dalam aliran darah dan melindungi terhadap pembentukan tumor.
  3. Yogurt
    Probiotik dalam yoghurt adalah bakteri sehat yang menjaga usus dan saluran pencernaan terbebas dari kuman penyebab penyakit.
  4. Teh hijau
    Teh hijau kaya akan polifenol atau antioksidan tanaman, yang melindungi tubuh terhadap mikroorganisme dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
  5. Jahe
    Jahe juga bisa meringankan mulas, mual, muntah, migrain dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi.
  6. Ikan dan kerang
    Ikan mengandung berbagai senyawa untuk meningkatkan kekebalan, termasuk asam lemak omega-3 dan antioksidan selenium. Asam lemak omega-3 terutama ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon, mackerel, tuna, trout dan ikan haring serta biji rami, meningkatkan aktivitas fagosit.
  7. Sayuran merah dan oranye
    Paprika, labu, ubi jalar, tomat, labu, wortel dan sayuran berwarna cerah lainnya kaya akan beta-karoten. Beta-karoten meningkatkan jumlah sel pembunuh alami, melawan infeksi dan membantu sel-sel T, semuanya diperlukan untuk respon kekebalan.
  8. Brokoli
    Dengan kuntum warna terang dan padat hijau, brokoli adalah anggota dari sayuran calciferous. Brokoli kaya akan vitamin A, C dan E, yang menjadikannya sebagai pembangkit tenaga antioksidan.
  9. Gandum dan barley
    Manfaatnya dapat meningkatkan imunitas, memeprcepat penyembuhan luka, dan membantu antibiotik bekerja lebih baik.
  10. Sup Ayam                                                                                                        Peneliti dari Universitas Nebraska menemukan bahwa mie ramen rasa ayam memblokir migrasi peradangan akibat sel darah putih. Apabila ditambahkan rempah-rempah seperti bawang putih dan bawang merah, dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Salmon fillet with fresh healthy herbs,vegetables, oil and spices
  1. Daging sapi                                                                                                      Daging sapi memberikan sumber gizi yang berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh.
  1. Kentang manis                                                                                              Berfungsi sebagai benteng lini pertama terhadap bakteri dan virus yang tak diinginkan.
  1. Jamur                                                                                                             Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah memanfaatkan jamur demi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, membuatnya lebih agresif. Hal ini baik bila tubuh terkena infeksi.

  1. Semangka                                                                                                          Kaya akan air dan menyegarkan, semangka masak juga memiliki banyak mengandung antioksidan yang kuat, glutathione. Jangan salah, justru glutathione ditemukan di dalam buah yang paling dekat dengan kulitnya.
  1. Ubi jalar                                                                                                                    Seperti wortel, ubi jalar memiliki beta karoten-antioksidan dan mengandung vitamin A, yang terkait dengan memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa kanker.