10 WINE PILIHAN PESTA TAHUN BARU

186

Bersulang wine atau champagne menyempurnakan momen malam tahun baru kamu dengan orang terkasih. Jika kamu berniat menggelar pesta tahun baru di rumah, wine bisa kamu list daftar menu. Sebotol wine bisa menjadi pilihan hadiah, bagi kamu yang diundang untuk menghadiri malam tahun baru.

Tapi, dari sekian banyak pilihan wine yang tersedia, mana yang sebenarnya menjadi pilihan tepat? Seperti yang dilansir bobobobo.com dari rekomendasi Chef Matteo Meacci, Executive Chef di De Luca Trattoria and Wine Bar di Plaza Senayan, Jakarta memilih 10 wine terbaik untuk pesta tahun baru:

  1. Bordeaux

Bordeaux adalah jenis red wine yang paling populer dan berasal dari area Bordeaux di Prancis Barat. Red wine ini sangat sophisticated dan full bodied dengan struktur yang kompleks. Jenis anggur yang paling sering digunakan untuk wine jenis ini adalah merlot dan cabernet sauvignon. Cocok untuk dinikmati bersama keju, ham, dan hidangan daging merah, seperti steak. Harganya memang cukup mahal, tapi untuk acara spesial seperti malam tahun baru, it’s worth it.

  1. Ice Wine

Jika kamu lebih suka wine yang manis dan disajikan dingin, ice wine cocok untuk kamu. Ice wine biasanya diproduksi dari anggur yang dipetik dalam keadaan beku di awal musim dingin dan yang populer kebanyakan berasal dari Austria, Jerman atau Kanada. Paling cocok dipasangkan dengan dessert dan makanan manis lainnya serta keju lunak. Biasanya ice wine diminum bukan saat makan melainkan setelah selesai makan.

  1. Champagne

Champagne adalah wine paling populer untuk perayaan, termasuk pesta tahun baru. Champagne sendiri merupakan nama area di Prancis dan sebuah wine dinamakan “champagne” hanya jika dibuat di area Champagne dengan metode spesifik, di mana wine tersebut difermentasi ulang di dalam botol sehingga menjadi sparkling.

Champagne biasanya berupa white wine ataupun rose (pink). Champagne bisa diminum di waktu makan dan biasanya dipasangkan dengan seafood. Jika diminum setelah makan, champagne cocok dinikmati bersama kue kering.

  1. Moscato

kamu yang penggemar wine manis pasti sudah tidak asing lagi dengan moscato. Ini adalah jenis white sparkling wine seperti champagne, tapi dibuat hanya dengan anggur jenis moscato dengan proses yang sama sekali berbeda sehingga menghasilkan rasa yang lebih manis dan konten alhokol yang lebih rendah. Wine yang biasanya diproduksi di Italia dan Australia ini juga populer di Indonesia karena harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan wine jenis lainnya. Moscato adalah after meal wine yang diminum sebagai dessert, biasanya dipasangkan dengan buah-buahan atau dessert yang mengandung buah.

  1. Sauvignon Blanc

Sauvignon blanc sebenarnya merupakan nama anggur yang digunakan untuk memproduksi white wine yang paling umum, mulai dari Amerika, Eropa hingga Australia. Tapi, sauvignon blanc terbaik biasanya  dihasilkan di winery di New Zealand. Rasanya sedikit acidic dengan aroma yang mirip buah peach. Layaknya white wine pada umumnya, seafood menjadi paduan yang tepat. Khusus untuk sauvignon blanc, hidangan daging putih seperti ayam juga cocok sebagai pilihan.

  1. Prosecco

Jika kamu ingin merayakan tahun baru dengan sebotol champagne, tapi budget kamu tidak terlalu besar, prosecco adalah alternatif terbaiknya. Wine ini dibuat dari jenis anggur putih dengan proses yang sama persis dengan champagne. Satu-satunya perbedaan adalah prosecco berasal dari Italia Utara, bukan dari Champagne, Prancis. Berhubung wine di Italia lebih merakyat, harganya pun lebih murah meski rasanya tidak ada berbeda dengan champagne.

 

  1. Port Wine

Berasal dari Portugal, wine jenis ini biasanya berupa red wine dan memiliki kandungan alkohol cukup tinggi hingga 20%. Bedanya dengan wine lain yang kandungan alkoholnya terbentuk secara natural dalam proses fermentasi, pada port wine ini alkoholnya juga ditambahkan secara manual sehingga wine teroksidasi alias terkena paparan udara di tengah-tengah prosesnya. Keuntungannya, port wineadalah jenis wine yang setelah botolnya dibuka bisa kamu minum sedikit saja kemudian ditutup lagi dan disimpan bahkan hingga bertahun-tahun tanpa takut rusak.

Port wine sering disebut sebagai meditation wine karena biasanya dikonsumsi bukan saat makan, tapi untuk dinikmati di saat santai, misalnya menjelang tidur atau saat bersantai sambil membaca buku dan menonton TV dan jika dipasangkan dengan makanan biasanya hanya dengan cokelat atau dessert berbahan dasar cokelat.

  1. Lambrusco

Ini adalah jenis sparkling red wine dari Italia yang rasanya agak asam, sedikit manis, dengan kandungan alkohol yang rendah. Lambruscoadalah wine Italia pertama yang membuat wine Italia lainnya populer di Amerika Serikat. Pada masa itu, penduduk AS merasa lambruscomudah diminum karena rasanya mengingatkan pada soda atau bir yang lebih beralkohol dan harganya juga murah. Jika dipasangkan dengan makanan, lambrusco cocok dinikmati bersama makanan berlemak, sup, dan kuah-kuah kental.

  1. Sauternes

Jika kamu punya budget cukup besar dan ingin mencicipi wineistimewa di malam tahun baru, cobalah Sauternes, wine berwarna keemasan yang menyerupai teh dan diproduksi di area bernama Sauternes di Prancis. Wine ini tergolong mahal karena diproduksi hanya dari butiran anggur yang diserang jamur botritis cinerea yang mengubah strukturnya menjadi lebih kental dan manis. Sauternes biasanya dipasangkan dengan dessert bertekstur creamy atau keju yang beraroma kuat, seperti blue cheese, roquefort, dan gorgonzola.

  1. Adelaide Hills Shiraz

Cukup mudah ditemukan di Indonesia, Adelaide Hills adalah sejenis red wine yang diproduksi di area bernama Adelaide Hills di Australia, biasanya dari jenis anggur shirazShiraz adalah anggur Prancis namun berkembang dengan baik di Australia, bahkan wine shiraz yang dianggap terbaik di dunia adalah dari Australia. Di Indonesia sendiri, harga Adelaide Hills Shiraz biasanya jauh lebih murah dibandingkan red wine asal Eropa namun dengan kualitas yang sama-sama tinggi.

Sudah tahu wine mana yang akan jadi pilihan kamu? Bawa panduan ini saat berbelanja di toko wine favorit kamu atau jika ingin lebih mudah.