MANGGA ALPUKAT VS MANGGA PISANG

722

Hijaudaun.net – Belakangan ini, ramai dibicarakan tentang mangga alpukat. Mungkin banyak diantara kita menduga  mangga Alpukat merupakan jenis buah “perkawinan” antara buah mangga dan buah alpukat, tapi ternyata hal itu salah.

Buah yang satu ini merupakan jenis mangga Gadung 21 atau dikenal juga dengan mangga Arumanis. Buah ini di budidaya dari tahun 1994 di perkebunan Pasuruan, Jawa Timur.

Keunggulan dari buah ini yaitu buahnya memiliki rasa yang lebih manis dan tahan lama, daging buahnya yang tebal. Cara untuk menikmatinya dengan dibelah bagian tengah menjadi dua, kemudian diputar dan tampak daging buahnya yang terpisah dari biji mangga.

(sumber : hijaudaun.net/www.google.com)

Buah ini bisa langsung bisa kita makan dengan sendok, seperti halnya bila kita akan mengkonsumsi buah alpukat. Tapi harus diketahui bila ingin mengkonsumsi buah mangga alpukat ini, pastikan buahnya masak di pohon, karena akan berbeda bila mangga alpukat ini sudah dipetik sebelum masak.

Selain mangga alpukat yang sedang menjadi perbincangan, akan ada satu lagi jenis mangga yang akan menyusul. Sebut saja namanya, mangga varietas agri gardina 45 atau yang akan lebih dikenal dengan mangga pisang (banana mango).

Mangga jenis ini memiliki bentuk buah yang lebih kecil dengan warna kekuningan dan semburat kemerahan merata pada seluruh bagian buahnya. Mangga pisang merupakan buah persilangan antara mangga arumanis yang memiliki tekstur daging buah yang halus dan rasa yang manis, dengan mangga saigon yang memiliki warna menarik.

Yang menarik dari jenis mangga pisang ini adalah kontur buahnya yang dapat kita nikmati dengan cara seperti kita akan memakan buah pisang, yaitu dimakan langsung dengan dikupas kulitnya bagian atas ke bawah, seperti bila kita akan memakan buah pisang.  Makanya buah mangga ini dinamakan mangga pisang karena bentuk yang kecil, rasa yang manis, dan cara memakannya yang unik seperti makan buah pisang.