JANGAN FOTO BARENG ORANGUTAN

245
Penjaga orangutan Devi Sumantri memegang Vena, bayi orangutan berusia tujuh bulan di desa Air Hitam Besar. Penduduk desa di daerah hutan pulau Borneo yang berpakaian rimba, seringkali menyimpan kera yang terancam punah sebagai hewan peliharaan meskipun praktiknya dianggap ilegal. (ADEK BERRY/AFP/Getty Images)

Hijaudaun.net – Sudah pernah berfoto dengan Orangutan?. Sudah? Atau belum pernah?. Jika kamu sudah pernah berfoto dengan Orangutan, sebaiknya jangan lakukan lagi. Jika kamu belum pernah berfoto dengan Orangutan, sebaiknya jangan pernah berpikir untuk berfoto bersama. Kenapa?. Baiklah, akan saya jelaskan kenapa saya melarang berfoto dengan orangutan.

Beruntunglah Indonesia memiliki Orangutan. Orangutan merupakan salah satu Kera Besar. Di seluruh dunia, cuma ada 4 spesies kera besar. Tiga ada di Afrika (gorilla, simpanse, dan bonobo) dan satu ada di Indonesia dan Malaysia (orangutan). Dan menurut beberapa penelitian, Orangutan memiliki kemiripan DNA dengan manusia hingga 97% (kalau enggak percaya dan bingung, silakan cariĀ  di Google). Artinya apa?. Baiklah, akan saya jelaskan.

Sebagai seorang Dokter Hewan yang kesehariannya menangani Orangutan, saya sama sekali tidak menyarankan kamu untuk berfoto dengan Orangutan. Jangankan berfoto, berdekatan dengan orangutan pun tidak saya sarankan (kecuali kamu bekerja dengan Orangutan).

Di Indonesia, banyak sekali tempat wisata yang menjadikan Orangutan sebagai objek foto pengunjung. Pengunjung biasanya akan dikenakan tarif untuk berfoto dengan Orangutan. Biasanya enggak cuma berfoto dengan Orangutan, tapi kita bisa juga duduk disebelahnya kemudian bersentuhan dengan Orangutan. Apakah itu baik untuk Orangutan? Apakah itu baik untuk manusia?. Baiklah, akan saya jelaskan.

Pada paragraf diatas saya menuliskan bahwa Orangutan memiliki kemiripan DNA dengan manusia hingga 97%. Secara medis, kemiripan ini berpengaruh untuk kesehatan kita. Kita dan Orangutan memiliki beberapa penyakit yang sama dan bisa saling menularkan penyakit satu sama lain.

Sederhananya adalah, jika kamu sakit kemudian berdekatan dengan Orangutan, maka ia dapat tertular penyakit dari kita. Begitu pun sebaliknya. Lantas, penyakit apa saja yang sama antara kita dan Orangutan?. Baiklah, akan saya sebutkan.

Salah satu penyakit yang sampai saat ini paling berbahaya untuk Orangutan adalah Tuberculosis (TBC). Ya, Orangutan juga memiliki penyakit TBC. Dapatnya darimana? Dari manusia yang memiliki penyakit TBC. Selain TBC apalagi?. Ada Hepatitis, Herpesvirus, HIV, dan beberapa penyakit kecil lainnya seperti Batuk, pilek, dan flu. Itu adalah beberapa penyakit yang dapat dimiliki oleh manusia dan Orangutan. Manusia dan Orangutan dapat saling menularkan penyakit tersebut.

Setelah mengetahui penyakit-penyakit yang dapat saling menularkan tersebut, masih kah kita mau berfoto dengan Orangutan?. Saya harap kalian membuang jauh-jauh pikiran untuk berfoto dengan Orangutan. Kenapa? Apakah kalian mau tertular penyakit dari Orangutan? Atau apakah kalian tega menularkan penyakit kepada orangutan?. Pikirkan kembali.