BERKENALAN DENGAN ORANGUTAN LEBIH DEKAT

211
Ibu orangutan Raja duduk bersama anaknya di kandang kebun binatang Leipzig, Jerman timur, 3 April 2017. Bayi orangutan tersebut lahir pada 25 Maret. (Jan Woitas/dpa via AP)

Hijaudaun.net – Pernah dengar satwa bernama Orangutan?. Bentuknya besar, seluruh tubuhnya memiliki rambut (bukan bulu ya). Mirip monyet tapi tidak berekor dan bertubuh besar. Kalau kamu anak 90-an, kamu pasti pernah lihat di uang kertas 500 rupiah.

Gimana? Sudah tahukan yang mana namanya Orangutan. Kalau belum tahu, coba deh buka ponsel kemudian ketik Orangutan di Google. Kalau kalian semua sudah tahu bentuk dari Orangutan, silahkan lanjut baca. Karena saya akan ceritakan beberapa hal mengenai Orangutan.

Pertama. Orangutan merupakan satu dari empat Kera Besar (great apes) yang tersebar di seluruh dunia. Tiga lainnya berada di Afrika (gorilla, simpanse, dan bonobo). Dan Orangutan berada di Indonesia (sumatera dan Kalimantan) dan Malaysia.

Kedua. Orangutan memiliki kemiripan DNA dengan manusia hingga 97%. Artinya apa?. Secara sederhana, orangutan dan manusia memiliki beberapa penyakit yang sama.

Ketiga. Makanan Orangutan adalah buah, daun, kulit pohon, hingga serangga. Orangutan sering disebut Frugivora atau pemakan buah-buahan.

Keempat. Di alamnya, Orangutan tidak hidup berkelompok. Orangutan jantan akan menghabiskan waktunya menjelajah hutan sendiri untuk mencari makan, sedangkan Orangutan betina kadang hidup berkelompok untuk melindungi dirinya dari predator, Orangutan melakukan aktivitas di pagi hari dan pada malam hari mereka tidur atau yang sering dikenal dengan makhluk diurnal.

Kelima. Kondisi hutan di Kalimantan dan Sumatera sangat mengkhawatirkan untuk tempat tinggal Orangutan. Banyak hutan yang sudah beralih fungsi menjadi perkebunan sawit dan pertambangan. Rumah orangutan semakin tergusur.

Mereka sering masuk ke perkampungan warga hanya untuk mencari makan dan bertahan hidup. Banyak dari mereka yang dibunuh karena dianggap sebagai hama dan hewan yang mengganggu. Padahal kenyataannya adalah mausia yang telah merusak rumah Orangutan.

Keenam. Bayi Orangutan sangat lucu dan menarik untuk dijadikan hewan peliharaan. Banyak manusia mencoba memelihara bayi Orangutan. Beberapa orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memeliharanya. Bagaimana cara mendapatkan bayi Orangutan?. Orangutan yang berumur 1 – 6 tahun, mereka akan selalu hidup berdampingan dengan induknya. Induk Orangutan tidak akan pernah melepaskan bayinya hingga berumur lebih dari 6 tahun. Sang induk akan selalu menjaga anak dari ancaman apapun. Jadi, bagaimana mendapatkan bayi orangutan?. Bunuh induknya dan ambil bayinya.

Segitu dulu lah ya. Nanti kalau ada waktu, saya lanjut lagi tulisan mengenai Orangutan. Atau kalo kalian gak sabar, kalian bisa cari sendiri di Google.