VERTIKAL GARDEN DARI BOTOL PLASTIK

818
membuat sesuatu yang berguna tak harus dari barang baru. barang yang lama tidak terpakai bisa sangat membantu kita untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Hijaudaun.net – Desain hunian minimalis pada umumnya memiliki lahan untuk penghijauan yang terbatas. Jangan berkecil hati, karena kita tetap bisa bertanam dengan Vertical Garden atau taman vertikal. Kali ini akan membahas lebih jauh tentang vertikal garden yang memanfaatkan bahan botol plastik.

Vertikal garden adalah taman yang dibangun pada bidang tegak lurus. Taman jenis ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki rumah minimalis yang merindukan adanya taman.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode vertikal garden ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan membuat Vertikal Garden

  1. Konstruksi Penyangga yang kuat untuk menahan media tanam, air dan tanamannya. Kalian bisa memanfaatkan dinding beton, pagar besi atau mungkin membuat tiang besi sendiri yang cukup kokoh supaya taman tidak ambruk.
  2. Frame dalam istilah taman disebut juga dengan lahan. Frame yang digunakan bisa berupa tembok, anyaman kawat, paralon atau bahan lainnya yang bisa digunakan untuk menempatkan media tanaman.
  3. Media Tanaman vertical garden hampir sama seperti media tanaman biasa yaitu disesuaikan dengan jenis tanamannya. Biasanya media yang digunakan yaitu rockwool, sabut kelapa atau sekam yang dicampur dengan tanah. Untuk menempatkan media tanaman, kalian bisa menggunakan pot bersusun, paralon atau botol bekas minuman ringan.

Alat dan Bahan

– botol mineral 1.5 L

– cutter atau gunting

– kawat atau tali

Cara buatnya:

– Buat lubang besar di tengah botol, lubang ini sebagai tempat menanam tanaman

– Buat lubang-lubang kecil untuk mengikat kawat dengan tali. Lubang kecil ini juga berguna sebagai sirkulasi air.

– Isi botol dengan tanah, tapi ketinggian tanah jangan sama dengan lubang yang udah dibuat tadi. Isi dengan media tanam hingga ketinggiannya 1-2 cm di bawah lubang.

– Masukkan tanaman yang kalian inginkan.

– Jika kalian ingin menanam lebih dari satu botol, susun botol tersebut dengan cara ditumpuk kemudian menancapkan bagian tutup botol yang satu dengan bagian yang lain. Setelah itu gantung vertical garden di dinding rumah kalian.

  1. Jenis Tanaman khusus dipilih untuk vertical garden. Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan metode ini. Biasanya tanaman yang bagus ditanam dengan metode vertical garden adalah tanaman perdu atau rumput-rumputan misalnya suplir, phytonia, bromelia, sirih gadung, tanduk menjangan dan lain-lain.
  2. Pengairan dan Pemupukan sebaiknya dibuat otomatis dengan cara menghubungkan setiap tanaman dengan selang-selang yang akan mengalirkan air dan pupuk. Dengan membuka kran selama beberapa menit atau detik semua tanaman bisa mendapat pasokan air atau pupuk secara merata.
  3. Pencahayaan yang cukup diperlukan untuk tumbuh optimal. Tanaman pada vertical garden tidak mendapatkan pencahayaan yang penuh dari pagi sampe sore hari. Hal ini dikarenakan posisi tanaman yang tegak sehingga proses fotosintesis tidak berjalan secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah tanaman yang tidak perlu banyak membutuhkan sinar matahari.