TIPS TANAM CABAI KERITING DI MUSIM HUJAN

289

Hijaudaun.net – Pada saat musim hujan tiba, para petani cabai harus bersiap-siap mengeluarkan modal yang besar untuk melakukan penanaman cabai. Selain modal yang besar, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan ketika menanam cabai pada musim penghujan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Mulsa merupakan benda yang harus dipersiapkan untuk menanam cabai. Apa itu mulsa? Mulsa merupakan penutup tanaman budidaya cabai yang digunakan untuk menjaga kelembapan tanah. Selain itu, kegunaan lainnya seperti menekan tumbuhnya gulma dan penyakit. Tanpa adanya mulsa mungkin tanaman cabai yang ditanam tersebut tidak akan tumbuh dengan baik.

Pada saat musim penghujan tiba, para petani cabai di Indonesia lebih banyak menggunakan mulsa plastik bening daripada mulsa hitam perak. Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan mulsa plastik bening atau sering disebut sebagai plastik bening ini harganya lebih murah daripada mulsa hitam perak. Dengan harga yang murah dapat menekan biaya yang dikeluarkan.

Pemilihan jenis cabai yang baik pada saat musim hujan itu sangat penting. Sebelum memilih benih cabai, pilih lah terlebih dahulu jenis cabai apa yang cocok ditanam pada musim penghujan.

Ingatlah, tidak semua jenis cabai dapat dibudidayakan ketika musim penghujan tiba. Hanya cabai-cabai jenis tertentu yang bisa dibudidayakan ketika musim penghujan. Lantas, jenis cabai apa yang bisa dibudidayakan pada saat musim penghujan tiba? Salah satu jenis cabai yang dapat dibudidayakan adalah jenis cabai keriting.

Mengapa jenis cabai keriting dapat dibudidayakan pada musim penghujan? Hal tersebut karena cabai keriting tersebut merupakan jenis cabai yang tahan terhadap kelembapan udara. Bahkan, cabai keriting ini lebih tahan terhadap kelembapan udara daripada cabai merah besar.