TIPS MENGURANGI RISIKO KANKER PADA ARANG

159
rodalesorganiclife.com

Hijaudaun.net – Merayakan tahun baru, liburan akhir pekan dan momen membahagiakan lainnya sering kali dilakukan dengan barbeque ┬ábersama keluarga. Arang menjadi salah satu barang yang dicari untuk membakar bahan-bahan makanan.

Banyak pendapat menyebut bahwa arang menjadi salah satu penyebab kanker, karena di dalam arang terdapat senyawa karsinogen sebagai pemicu kanker dan perusak sel sehat. Satu hal yang harus diperhatikan, saat kita membakar makanan dengan arang seperti jagung ataupun daging-dagingan.

Pada situs Beritaterbaru.com menyebut daging-dagingan ini adalah salah satu jenis protein. Makanan yang dipanggang menggunakan arang memiliki risiko 2 kali lebih berbahaya terhadap risiko terkena penyakit kanker dibandingan dengan makanan instan atau cepat saji.

charcoalvenice.com

Aktifitas barbeque dengan oven dan cara memasak lain tentu berbeda dalam penyajian. Berikut cara meminimalisir risiko penyakit kanker akibat penggunaan arang dalam memasak makanan:

  1. Jangan terlalu sering membolak-balikkan makanan yang di panggang dengan arang, agar tidak banyak terpapar senyawa yang membahayakan tubuh.
  2. Bersihkan makanan dari serbuk hitam yang menempel dari arang, sebelum dikonsumsi. Hal ini mengurangi masuknya senyawa tersebut.
  3. Membakar arang terlebih dahulu dan membiarkannya menjadi bara merah, dimana tepiannya sudah mulai muncul warna keputihan
  4. Menggunakan arang putih (binchotan) seperti yang banyak kita jumpai di restoran-restoran Jepang, yang menyajikan menu bakar-bakaran.
  5. Menggunakan pembakar/panggangan listrik.