STUDY ABROAD: INFO JURUSAN, KULIAH PERTANIAN (AGRIKULTUR) DAN KEDOKTERAN HEWAN DI LUAR NEGERI

290

Apa saja yang dipelajari dalam Agrikultur dan Kedokteran Hewan?

Pelajari program apa yang bisa kamu tekuni di bidang ini dan lowongan karir yang tersedia.

Apa itu Pertanian (Agrikultur) atau Kedokteran Hewan?

Agrikultur menangani produksi pangan dan hasil panen untuk memenuhi kebutuhan manusia, serta menangani semua masalah yang dihadapi, seperti keberlanjutan lingkungan serta wabah penyakit. Agrikultur juga mempelajari tentang bumi, hewan dan nutrisi.

Kedokteran hewan berfokus pada mendiagnosa dan mengobati hewan yang sakit dan terluka.

Mengapa kuliah Agrikultur atau Kedokteran Hewan?

Pikirkan tentang makanan yang kamu makan. Pernahkah kamu memikirkan dari mana asal makanan yang kita konsumsi setiap hari (bagaimana makanan tersebut dihasilkan hingga tersaji di piring makan?).

Mungkin adalah suatu hal yang sangat sederhana kita pergi ke supermarket dan membeli roti, tetapi roti tersebut membutuhkan proses yang panjang, mulai dari proses pengolahan bahan mentah hingga menjadi roti yang kita beli di supermarket.

Produksi hasil panen dan daging, buah, sayur sangatlah vital untuk kelangsungan hidup manusia. Tanpa makanan, manusia tidak dapat bertahan hidup. Hal ini bisa kita lihat dari tempat-tempat yang mengalami bencana alam, kemudian kekurangan makanan dan obat-obatan untuk mengobati penyakit.

Jadi bidang Agrikultur ini sangatlah penting untuk menjaga kelangsungan hidup manusia, terutama di zaman yang populasi terus bertambah ini, diiringi dengan sumber daya yang semakin berkurang, sangat perlu diteliti cara menjaga dan meningkatkan suplai makanan.

Kedokteran hewan juga sama pentingnya. Tanpa adanya hewan ternak yang sehat, gizi manusia tidak bisa terpenuhi. Sangat penting menjaga kesehatan hewan, baik itu karena mereka adalah sumber makanan kita, ataupun sebagai hewan peliharaan kesayangan.

Siapa yang cocok kuliah Agrikultur atau Kedokteran Hewan?

Kedua bidang ini lebih sering bekerja di luar ruangan. Bidang ini memiliki banyak pembelajaran praktik. Jadi, bidang ini tidak cocok untuk yang takut kotor dan yang tidak menyukai hewan dan alam terbuka. Jika kamu adalah tipe indoor, sebaiknya mempertimbangakan bidang lain.

Bidang agrikultur mungkin akan mengharuskan kamu untuk berpergian ke tempat bahkan negara yang berbeda, untuk mempelajari misalnya iklim, atau study banding lainnya untuk keperluan bekerja.

Kedokteran Hewan menangani hewan sakit dan terluka, jadi harus terbiasa dengan hewan, mendiagnosa, dan merawat mereka. Butuh kesabaran, kepekaan dan ketelitian, karena hewan tidak bisa berbahasa manusia.

Kriteria untuk kuliah Agrikultur atau Kedokteran Hewan?

Bagi yang ingin mendaftar untuk bidang ini perlu memiliki satu atau beberapa kualifikasi dari pelajaran biologi, kimia, ilmu lingkungan, ekonomi dan bisnis. Pengalaman praktik yang didapatkan dari kerja sukarela di bidang yang relevan juga dapat membantu pendaftaran kamu.

Disarankan untuk selalu mengkonfirmasi dengan universitas mengenai syarat pendaftaran yang diminta.

Jurusan apa yang bisa kamu ambil?

Agrikultur

Ilmu Tanaman dan Hasil Panen

Manajemen Pertanian

Kedokteran Hewan

Hortikultura

Lowongan kerja bagi lulusan Agrikultur atau Kedokteran Hewan

Memiliki Gelar Agrikultur, kamu bisa bekerja sebagai:

Petani

Manajer perusahaan pertanian

Konsultan pertanian

Praktek surveyor pedesaan

Ilmuwan/konservasionis tanah

Ahli gizi hewan

Teknisi produksi panen

Inspektor peraturan kesehatan

Penjualan & pemasaran agrikultur

Kebanyakan lulusan Kedokteran Hewan menjadi dokter hewan, juga berkesempatan untuk terlibat dalam penelitian biomedis dan bekerja di agen-agen pemerintah.

Sumber : www.hotcourses.co.id