PLASTIK RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PESTA AKHIR TAHUN

233
(Avani Co)

Hijaudaun.net – Malam tahun baru menjadi momen paling berkesan, apalagi jika kita rayakan bersama sahabat atau keluarga. Pergantian akhir tahun menjelang tahun baru biasa dilaksanakan pada lokasi outdoor. Perlengkapan yang disiapkan pada umumnya barang sekali pakai terbuat dari bahan plastik, pada akhirnya akan menimbun sampah plastik.

Sampah plastik menjadi masalah bersama yang dihadapi oleh para pecinta lingkungan, tidak terkecuali di Indonesia. Berangkat dari persoalan tersebut mendorong Kevin Kumala menggagas inovasi dengan membuat plastik dari bahan polimer berbasis pati singkong.

Pati singkong yang diolah menjadi plastik itu hasil inovasi Kevin mudah larut di air. Bahkan, terdapat klaim bahwa plastik ini dapat diminum karena bersifat non-toxic. Produk plastik bio-degradable buatan Kevin Kumala dipasarkan dengan nama AVANI ECO, perusahaan startup yang membuat berbagai produk ramah lingkungan.

(ideas.evite.com)

Produk plastik ini dapat dengan mudah larut dalam air hangat. Hal ini dibuktikan oleh Kevin dengan menyobek sebagian kecil plastik produksinya, lalu mengaduknya di dalam sebuah cangkir berisi air hangat. Sementara, riset dan uji coba lanjutan pula sedang dijalankan untuk proses pelarutan dalam air dengan suhu lebih rendah.

Tak hanya plastik, Avani pun memproduksi produk ‘anti-plastik’ seperti sedotan, wadah kertas, cangkir, hingga mangkuk plastik transparan yang dibuat dari pati jagung. Tentunya, produk buatan Kevin akan menjadi salah satu terobosan teknologi produk ramah lingkungan yang turut berkontribusi dalam minimalisir polusi lingkungan dalam jangka panjang.

(ideas.evite.com)

Pria asal Bali ini mengembangkan produk bersama tujuh kawan lain meneliti  jagung, kedele, dan singkong pada 2010. Ketiga nabati itu memiliki kandungan yang dapat diolah menjadi bahan plastik. Tim Kevin menggunakan teknologi eco-plastic (bioplastik).

Singkong dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan biji plastik. Mereka menggunakan ampas singkong yakni limbah yang harus dibuang. Selain daging ubi kayu yang ekonomis, sampah dagingnya pun mengandung nilai ekonomi.

Kamu bisa mendapatkan produk Avani ini dengan mengunjungi website resminya di avanieco.com atau langsung datang ke kantornya di Avani Eco:

Head Office
Jl. Gunung Agung No. 142
Denpasar Barat, Kota Denpasar
Bali – 80117
Phone: +62 361 9077 142

Jakarta Office
Bellezza Shopping Arcade
3rd Floor – #350
Jl. Letnan Jend. Soepeno No. 34
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
DKI Jakarta – 12210
Phone: +62 21 3048 5599

For fast response, please message us directly via
FB Messenger / DM Instagram / LINE at @avanieco (No need to fill in the form)