MANFAAT LENGKAP POHON KELAPA

817

Hijaudaun.net – Kelapa adalah anggota dari keluarga Arecaceae yang merupakan spesies dalam genus Cocos. Pohon kelapa adalah sejenis pohon palem dengan satu batang lurus yang banyak memiliki kegunaan dan fungsi penting sejak zaman prasejarah.

Ini adalah salah satu jenis pohon dimana hampir dalam tiap bagiannya memiliki  manfaat, termasuk buah, kayu, akar, dan daunnya. Di banyak tempat, seperti di India Selatan, pohon kelapa banyak dibudidayakan baik di perumahan, maupun diperkebunan-perkebunan.

Berikut ini beberapa manfaat yag bisa kita dapatkan dari kelapa :

Akar Pohon Kelapa

Akar kelapa sangat bermanfaat bagi lingkungan hidup untuk minuman dan obat-obatan herbal. Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi, dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut.

Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan akar kelapa yang telah disaring, dapat membantu mengobati berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, disentri, dan masalah pencernaan lainnya. Hal ini juga dapat mengobati gatal-gatal.

Batang Pohon Kelapa

Kandungan silika dalam batang memberikan efek elastisitas pohon. Batang kelapa memiliki banyak manfaat antara lain, sebagai bahan desain struktur dan interior. Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras (high-density), cocok untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, lantai, decking dan balok lantai.

Batang kelapa juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan, seperti pintu masuk atau gerbang, layar, dan pintu. Manfaat lain yakni, sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

Daun Pohon Kelapa

Kelapa memiliki bagian daun yang merupakan daun tunggal dan menyirip. Berbagai macam kegunaan daun kelapa diantaranya  daun muda digunakan sebagai bahan anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat, sebagai pembungkus makanan, seperti ketupat, dan lemet.

Daun kelapa yang sudah tua, bisa digunakan sebagi banahn anyaman untuk pembuatan atap maupun dinding bangunan. Daun kelapa yang sudah kering dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan tikar, topi, tas, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya. Selain itu, daun kelapa yang sudah kering dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah diekstrak menjadi bubur.

Buah Kelapa

Buah ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda, seperti hijau, kuning, maupun coklat. Buah kelapa kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang kuat.

Air di dalam buah kelapa yang masih muda dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ia dapat memberikan hidrasi yang tepat pada tubuh, pembersihan alami ginjal, dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Dalam dunia kecantikan, air kelapa juga merupakan bahan yang ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.

Daging buah kelapa

Terdapat berbagai macam pemanfaatan daging buah kelapa diantaranya, daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.

Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.

Bunga Kelapa

Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka. Sebagai bahan obat-obatan tradisional dan bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.

Manfaat pohon kelapa dari akar hingga pucuk memang sangat banyak dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pohon kelapa menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat di bumi ini.