BAHAYA MINUMAN SODA DAN CARA MENGATASINYA

242
Meminum soda dengan es secara tidak langsung bisa mengurangi kebiasaan konsumsi soda yang berlebihan.

Hijaudaun.net – Minuman bersoda memang susah untuk ditolak. Citarasanya yang manis, sensasi yang menyenangkan, dan energi yang dirasakan seolah-olah tepat untuk mencuci mulut setelah makan, tapi semakin banyak soda yang dikonsumsi (reguler atau diet), semakin berbahaya untuk kesehatan. Apakah kamu seorang peminum soda yang lebih dari 5 kaleng sehari?  Disarankan untuk menguranginya demi  kesehatan. Inilah mengapa sobat Greeners harus mengurangi bahkan menghindari, berikut tips bagaimana membuat proses mengurangi menjadi lebih mudah.

KENAPA KAMU HARUS BERHENTI?

Risiko terbesar untuk peminum soda reguler adalah kelebihan kalori, kata Lona Sandon, RD, asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center. “Kalori dalam soda biasa seluruhnya berasal dari gula tambahan, dan kamu tidak mendapatkan nilai apapun dalam hal vitamin atau mineral, atau bahkan karbohidrat dengan kualitas baik,” katanya.

Soda juga bisa menyebabkan jenis bahaya lainnya. Studi telah membuktikan bahwa konsumsi berlebih bisa mengakibatkan kerusakan gigi dan diabetes, dan ini juga berdampak buruk bagi tulang. “Ini berkaitan dengan fosfor dalam soda, atau bisa juga orang minum soda dan lainnya yang tidak memiliki nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang,” kata Sandon.

BAGAIMANA DENGAN DIET COKE?

Minuman soda bebas gula atau lebih dikenal dengan diet coke memang tidak mengandung kalori, tapi itu tidak berarti minuman aman untuk kamu konsumsi. Sebenarnya, minuman ini tidak sama sekali membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa peminum diet soda lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas daripada peminum soda biasa.

Minuman soda diet memiliki banyak risiko kesehatan yang sama dengan minuman ringan biasa, termasuk kerusakan gigi dan penipisan tulang, dan juga terkait dengan penyakit jantung dan depresi pada wanita. Beralih ke diet soda mungkin merupakan langkah awal yang cerdas jika Anda mencoba menghilangkan kelebihan kalori, kata Sandon, namun cara ini juga memiliki resiko kesehatan yang sama tingginya dengan mengkonsumsi minuman soda biasa.

gnet.org

KURANGI BERTAHAP

Fakta-fakta itu mungkin cukup untuk meyakinkan kamu berhenti minum soda, tapi masih  lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. “Orang benar-benar bisa menjadi kecanduan soda, jadi Anda harus menjadi seorang realis dan bukan idealis,” kata ahli gizi Stefanie Sacks, penulis buku : What the Fork Are You Eat? ini.

Jika Kamu biasanya minum beberapa porsi soda sehari, Sacks menyarankan agar pertama mengurangi dengan tahap satu kaleng sehari dalam dua minggu, lalu beralih ke tiga kali seminggu. “Ini memberi Kamu kesempatan untuk menyesuaikan diri secara bertahap, yang seharusnya mengarah pada perubahan yang nyata dan berkelanjutan,” kata Sacks.

CAMPUR DENGAN AIR ATAU ES

Sandon juga merekomendasikan menyapih diri kamu perlahan dari soda, dan terkadang menyarankan kliennya mulai minum setengah soda, setengah air atau es. “Kamu secara otomatis minum dengan porsi lebih sedikit, itu bagus,” katanya.

Ada keuntungan tambahan dalam metode ini : “Mengurangi rasa manis yang Kamu dapatkan dari soda,. Jika Anda kurang minum gula, selera Anda akan berubah dan bisa segera beradaptasi. ”

MULAI HITUNG KALORIMU

Jika Anda secara membabi buta mengkonsumsi kembali cola tanpa memikirkan dampaknya pada lingkar pinggang, kamu tidak sadar: Sebanyak 12 ons kaleng soda, misalnya, mengandung 140 kalori, sementara botol 20 ons 240 kalori.

bargainbabe.com

Coba unduh aplikasi penghitung kalori yang dapat membantu menyadari seberapa banyak minuman tersebut dapat mempengaruhi konsumsi kalori harianmu, selama benar-benar mencatat setiap porsi konsumsi harian, alih-alih menambah porsi soda, Kamu mungkin lebih bersedia untuk mengurangi.

DO THE MATH

Cara lain untuk menghitung kalori yang Anda minum adalah dengan memikirkan berapa banyak latihan yang diperlukan untuk membakarnya. Dalam sebuah studi di Universitas Johns Hopkins tahun 2014, para periset menempatkan tanda di pojok toko yang menyatakan bahwa sebotol soda 20 ons harus menempuh 5 mil berjalan kaki atau 50 menit joging untuk dibakar.

“Iklan” ini behasil: Ketika pelanggan remaja melihat tanda-tanda ini, mereka cenderung membeli soda, air, atau minuman yang lebih kecil. “Ketika Kamu menjelaskan kalori dengan cara yang mudah dimengerti seperti berapa mil berjalan yang dibutuhkan untuk membakarnya, Anda bisa mendorong perubahan perilaku,” kata penulis studi tersebut.

MULAI KONSUMSI TEH TANPA PEMANIS

indiatimes.com

Perlu asupan kafein untuk bangun di pagi hari? Jika kamu bukan peminum kopi, Sandon menyarankan untuk minum teh es tanpa pemanis. “Ini bisa sama menyegarkannya, dan ada manfaat kesehatan nyata untuk meminum fitokimia dalam teh,” katanya. Jika Kamu tidak menyukai cita rasa teh polos, campurkan beberapa lemon, mint, atau sedikit gula atau bisa juga menggunakan sweetener buatan yang banyak dijual.

Semoga berhasil!