BAHAYA ASAP PETASAN UNTUK PERNAFASAN

266
Kembang api dan petasan memiliki asap yang mengandung partikel halus dan berkontribusi dalam jangka panjang terhadap kesehatan kita. Dalam jangka pendek, hal tersebut bisa pengaruh langsung pada paru-paru. (timeout.com)

Tahun baru identik dengan perayaan besar. Apa benda yang tak boleh dilewati untuk menyambut tahun baru? Petasan? Kembang api?. Memang benar, kedua benda tersebut tak boleh tertinggal untuk acara pergantian tahun. Tapi tahukah kamu efek dari menyalakan kembang api atau petasan?

Kembang api dan  petasan memiliki asap yang mengandung partikel halus dan berkontribusi dalam jangka panjang terhadap kesehatan kita. Dalam jangka pendek, hal tersebut bisa pengaruh langsung pada paru-paru.

Seperti dikutip dari sahabatyatim.com, Para ahli kesehatan mengatakan bahwa asap kembang api bisa mempengaruhi orang-orang yang normal atau sehat. Tidak hanya itu, mereka yang tinggal di pemukiman padat seperti perkotaan yang sering menyalakan kembang api lebih beresiko.

mortimerarms.co.uk

Selain itu, efek asap kembang api akan menjadi dua kali lipat apabila dihirup oleh mereka yang merokok. Hal tersebut bisa terjadi karena paru-paru perokok tidak cukup kuat untuk mengatasi udara yang terkontaminasi.

Hal tersebut kemudian semakin diperparah apabila musim dingin tiba, dimana masalah paru-paru biasanya menjadi lebih tinggi. Hal tersebut bisa terjadi karena asap yang keluar dari petasan tidak mudah terhapus dari udara. Biasanya asap tersebut akan membentuk kerak tebal di atmosfer yang rendah sehingga menyebabkan kita kesulitan untuk bernafas.

Berbagai perayaan yang melibatkan kembang api harus dihindari oleh mereka yang menderita penyakit jantung, gangguan pernapasan dan wanita hamil.Karena apabila mereka menghirup udara yang kotor dan terkontaminasi tersebut akan sangat berbahaya.

pitchero.com

Dampak Kembang Api Yang Harus Kamu Tahu

Diantara beberapa dampak yang diakibatkan oleh asap kembang api atau petasan yang mengancam kesehatan diantaranya adalah:

  • Serangan jantung dan stroke

Adanya kandungan Lead di dalam petasan dapat menimbulkan resiko kesehatan tertentu seperti serangan jantung dan stroke. Ketika asap yang dihirup masuk ke dalam tubuh dan sirkulasi darah, hal tersebut menyebabkan darah yang mengalir ke otak menjadi berkurang sehingga serangan jantung atau stroke sangat mungkin terjadi.

  • Radang paru-paru

Asap kembang api, secara khusus dapat menyebabkan peradangan paru-paru dan mengganggu fungsi paru-paru. Masalah lain yang disebabkan oleh asap tersebut adalah kegagalan organ dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

  • Serangan asma

Apabila asap ini terhirup oleh penderita asma dan masuk ke dalam paru-paru, hal tersebut bisa menyebabkan serangan asma berat dan efeknya paling buruk adalah kematian. Jadi, mereka yang menderita mengi juga harus menghindari udara yang terkontaminasi oleh asap kembang api tersebut.

  • Kandungan asap kembang api

Asap berisi partikel kecil halus yang sangat berbahaya seperti debu, jelaga, logam dan bahan bakar yang tidak ikut terbakar. Selain itu, asap kembang api juga biasanya banyak mengandung bahan kimia dan logam yang bisa mengendap di paru-paru sehingga seseorang akan kesulitan untuk menghirup udara yang berkualitas.

Bagaimana? Masih ingin menyalakan kembang api atau petasan saat tahun baru? Jika masih ingin menyalakan benda tersebut, ada baiknya menggunakan masker dengan standart untuk asap berbahaya. Karena jika masih menggunakan masker “abal-abal” maka tetap saja asap tersebut masih terhisap oleh tubuh kita.