APA ITU DAUR ULANG?

176

Hijaudaun.net – Daur ulang mempunyai pengertian sebagai proses menjadikan bahan bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Dengan proses daur ulang bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Manfaat lainnya adalah menghemat energi, mengurangi polusi, mengurangi kerusakan lahan dan emisi gas rumah kaca dari pada pada proses pembuat barang baru.

kaleng bekas merupakan sampah yang sebenarnya bisa didaur ulang dalam bentuk sebuah produk kreatifitas. wadah perlatan alat tulis misalnya. (sumber: hijaudaun.net/www.google.com)

Daur ulang yang merupakan bagian ketiga adalam proses hierarki barang bekas 3R (Reuse, Reduce, and Recycle). Dapat dilakukan pada barang bekas kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, maupun barang elektronik.

Daur ulang adalah sesuatu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari barang bekas. Sebagai contoh, proses daur ulang alumunium diyakini mampu menghemat energi hingga 95 persen dan mengurangi polusi udara hingga lebih dari 90 persen dibandingkan proses pembuatan alumunium dari bahan mentah (bijih tambang).

Proses atau Tahapan Daur Ulang. Berikut ini merupakan tahap-tahap dari kegiatan daur ulang yang dapat kamu lakukan:

  • Mengumpulkan, yakni mencari barang-barang yang telah di buang seperti kertas, botol air mineral, dus susu, kaleng dan lain-lainya.
  • Memilah, yakni mengelompokkan barang bekas yang telah dikumpulkan berdasarkan jenisnya, seperti kaca, kertas, dan plastik.
  • Menggunakan Kembali, Setelah dipilah, carilah barang yang masih bisa digunakan kembali secara langsung. Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Mengirim, Kirim barang bekas yang telah dipilah ke tempat daur ulang, atau menunggu pengumpul barang bekas keliling yang akan dengan senang hati membeli barang tersebut.
  • Lakukan Daur Ulang Sendiri, Jika mempunyai waktu dan keterampilan, kenapa tidak melakukan proses daur ulang sendiri. Dengan kreatifitas berbagai barang bekas yang telah terkumpul dan dipilah dapat disulap menjadi barang-barang baru yang bermanfaat.

Yang paling penting, semua orang dapat berpartisipasi dalam proses daur ulang. Paling tidak pada dua tahap (proses) awal daur ulang yakni mengumpulkan dan memilah barang bekas yang dapat dilakukan setiap saat. Jadi, tunggu apa lagi?.