11 TUMBUHAN ALAMI UNTUK MENGOBATI SAKIT MAAG KRONIS

3261

Hijaudaun.net – Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang bisa muncul pada segala usia. Rasa nyeri,  perih  pada perut, mual dan ingin muntah sering dialami oleh penderita maag. Penyakit ini dapat dicegah dengan makan secara teratur dan sesuai jadwalnya.

Telat makan atau membiarkan lambung dalam kondisi kosong yang terlalu lama akan menimbulkan maag. Selain mengonsumsi obat, ada banyak tumbuhan di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mmengobati  maag.

Berikut 11 Tumbuhan Alami Untuk Mengobati Sakit Maag Kronis

  1. Kunyit atau kunir : Kunyit (Curcuma longa Linn) merupakan tumbuhan yang termasuk jahe – jahean (zingiberaceae). Kunyit ini terbukti ampuh dalam hal mengobati sakit maag dan kunyit juga berhasiat untuk obat tipes alami. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan memarut beberapa potongan kunyit kemudian peras dan minum airnya. Anda juga bisa menambahkan air hangat dan campurkan sedikit madu agar rasanya lebih manis.
  2. Daun Jambu biji : Sebagian dari kita mungkin memanfaat jambu biji sebagai obat alami mengatasi diare. Namun ternyata, daun jambu biji ini juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Caranya, rebus segenggam daun jambu biji bersamaan dengan 3 gelas air, didihkan sampai tersisa segelas saja. Kemudian saring dan minum saat hangat. Konsumsi  secara rutin 3 kali setiap hari untuk menghilangkan maag secara alami.
  3. Kacang Kedelai : Kacang kedelai dapat menyembuhkan penyakit maag kronis. Caranya yaitu dengan menyangrai kacang kedelai, kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Konsumsi secara teratur dengan cara diseduh dan diminum saat hangat.
  4. Biji dan daun pepaya : Biji pepaya ternyata dapat digunakan untuk mengobati sakit maag, Caranya yaitu dengan mengeringkan biji pepaya, kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Menikmatinya dengan menyeduhnya seperti kopi. Air rebusan daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag.
  5. Temulawak : Temulak merupakan teman dari kunyit yang memiliki hasiat yang tak kalah mujarabnya dalam hal menyembuhkan sakit maag, cara penyajiannya pun sama seperti Anda memanfaatkan kunyit.
  6. Buah dan daun apukat : Bagi anda yang menderita sakit maag, perbanyak lah mengkonsumsi buah apukat. Karena kandungan nutrisi vitamin dapat menurunkan asam lambung. Selain buahnya, daun alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya yaitu dengan merebus 5 lembar daun alpukat bersama 2 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat, minum secara teratur 3 kali setiap hari.
  7. Daun salam : Yang kita tahu, daun salam digunakan oleh ibu – ibu sebagai penyedap masakan, namun tahukah anda bahwa daun salam sudah lama digunakan untuk mengobati sakit maag. Caranya, Segenggam daun salam direbus dengan 2 gelas air dan tambahkan sedikit gula batu asli, didihkan sampai air tersisa segelas. Saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat, cukup sekali setiap hari sampai maag anda terasa sembuh.
  8. Biji pala : Biji pala yang sudah kering dibuat serbuk, kemudian 1 gram biji pala diseduh dengan segelas air panas, dan minum saat hangat. Minum sekali saja setiap harinya sampai sakit maag terasa sembuh.
  9. Daun keji beling : Daun keji beling memiliki hasiat yang sudah terkenal dalam dunia herbal. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat maag kronis yang ampuh. Caranya pun sangat mudah, yaitu dijadikan lalapan saat kita makan.
  10. Lidah buaya : Rebusan lidah buaya  dengan 3 gelas air dapat meringankan rasa sakit saat maag.  Agar rasanya tidak terlalu pahit, anda bisa menambahkan sedikit madu. Minum secara teratur, sekali dalam sehari.
  11. Daun bandotan kuning : Daun ini memiliki zat – zat yangdappat menurunkan asam lambung dan mengobati luka atau iritasi sehingga daun bandotan kuning ini sudah lama dijadikan obat maag kronis. Caranya yaitu denga merebus 2 genggam daun bandotan kuning dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Minum secara rutin 3 kali sehari agar manfaat cepat terasa dan sakit maag Anda cepat sembuh.

Jangan lupa untuk tetap makan secara teratur, supaya Anda tidak terserang maag.