SINGLE ORIGIN, KOPI INDEPENDEN

394
Kopi single origin adalah salah satu jenis kopi yang saat ini digandrungi oleh para pecinta kopi karena rasanya yang kaya dan murni. (tamannacoffee.esy.es)

Hijaudaun.net – Sebagian orang menganggap, tanpa meminum kopi di pagi hari rasanya kurang sempurna. Kopi hitam menjadi pilihan yang tepat untuk mengawali hari. Namun, bagi para pecinta kopi ada istilah single origin.  Lalu, apa sebenarnya single origin?

Kopi single origin adalah salah satu jenis kopi yang saat ini digandrungi oleh para pecinta kopi karena rasanya yang kaya dan murni. Kopi single origin juga bukan istilah baru lagi di industri kopi tetapi tidak semua penggemar kopi mengenal istilah ini.

Walau pada dasarnya memiliki berbagai macam jenis single origin dengan penyeduhan manual brew dan memiliki warna yang sama padahal rasanya berbeda-beda. Sederhananya, kopi single origin adalah kopi murni yang menjelaskan darimana pertama kali kopi itu berasal.

Kebalikan dari kopi single origin adalah kopi blend, yang memiliki banyak sekali penggemar. Salah satu contoh kopi blend adalah bila seseorang tidak terlalu suka pada rasa yang terlalu bitter namun juga tak terlalu suka pada rasa terlalu fruity dan ringan maka kopi blend yang dicampurkan adalah kopi Gayo dan kopi Java.

Single origin tidak dapat dicampurkan dengan jenis minuman lain bagaimanapun caranya. Single origin bisa berarti wilayah darimana kopi itu berasal .Bila kita bicara mengenai dunia kopi maka akan sangat luas sekali.

Kita persempit saja membahas single origin dari negara kita sendiri yaitu Indonesia. Kopi ini menyatakan varietas, dari mana dia berasal, dan spesifik mengenai di mana dia tumbuh. Contoh paling mudah untuk single origin adalah Kopi Sidikalang, kopi Gayo, kopi Mandheling, kopi Wamena dan masih banyak lagi.

Single origin juga bisa berarti sebuah varietas, jenis atau mutasi tertentu

Tak hanya menyebutkan wilayah mana dia berasal, single origin juga bisa menyebutkan varietas, atau jenis bahkan bisa juga mutasi. Misalnya, kopi geisha dari Panama adalah varietas yang banyak dikembangkan di beberapa perkebunan kopi besar di Amerika Latin. Namun ternyata, varietas ini dianggap kurang cukup maka dikembangkanlah varietas baru yang dinamakan Eugenioides. Maka kopi jenis baru ini bisa disebut sebagai single origin.

Sedangkan untuk contoh mutasi dari kopi kita bisa ambil kasus dari kopi peaberry. Peaberry adalah mutasi alami tanpa buatan atau rekayasa yang dibuat oleh petani kopi dengan tidak memandang varietas kopi apa yang akan mengalami mutasi ini.

Kopi peaberry adalah biji kopi tunggal, memiliki rasa yang intens dan katanya mudah disangrai. Namun masalahnya, peaberry tidak bisa ditentukan akan ada di pohon mana dan seberapa banyak kopi ini akan terkumpul. Biasanya, petani akan mengumpulkan peaberry pada saat proses pengumpulan dan pemilahan kopi. Jadi, bisa saja peaberry berasal dari kopi Sidikalang yang bermutasi, atau kopi Java atau kopi-kopi lainnya.

Single origin tidak dapat dicampurkan dengan jenis minuman lain bagaimanapun caranya. (www.bbcgoodfood.com)

Kenapa dinamakan single origin?

Singkat saja jawabannya, karena ia mewakili kenikmatan kopi apa adanya itu saat dicicipi. Kopi single origin-lah yang harus menjadi pilihan anda bila ingin mengecap karakter-karakter unik dari berbagai jenis kopi tersebut. Single origin diproduksi dengan standar tertentu, bila peminat dari kopi jenis ini semakin banyak maka petani kopi juga akan terikut imbasnya. Mereka akan lebih bersemangat dalam memperhatikan kualitas dari kopi milik mereka.

Nah, berikut tadi secara sederhana menjelaskan apa itu single origin. Bisa dikatakan single origin merupakan kopi independen, karena memang kopi-kopi tersebut mewakili wilayah yang mereka bawa tanpa camupuran dari kopi lain.