PILIH BERAS MERAH UNTUK DIET

279
dietsehat.co.id

Hijaudaun.net – Nasi menjadi makanan pokok sejuta umat yang wajib berada di meja makan. Orang Indonesia pun mengatahkan jika “Tak ada nasi rasanya tak lengkap”. Maka dari itu karbohidrat dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat indonesia.

Beras putih yang menjadi favorit sebagai pelengkap makanan. Selain beras putih, ada beberapa jenis beras yang tak kalah enak jika disandingkan dengan lauk pauk, nilai lebihnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dari segi popularitas, beras merah kalah jauh lebih familiar dibanding beras putih. Dari segi rasa, beras putih dianggap lebih enak karena rasanya lebih manis. Namun jika dilihat dari kandungan nutrisi, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Warna beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antiperglikemik. Beras merah pada umumnya merupakan beras tumbuk yang dipisahkan bagian sekam, sehingga bagian yang rusak tidak banyak dan kandungan gizi tetap terjaga. Sedangkan beras putih merupakan beras giling yang bersih dari kulit ari dan lembaga.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Dalam 1 cangkir nasi beras merah mengandung:

216,45 Kalori

88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan

27% DV selenium

21% DV magnesium

18,8% DV asam amino triptofan

3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram)

kandungan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih

Asam lemak alfa-linolenat

Zat besi

Vitamin B kompleks

Vitamin A

Manfaat Beras Merah Untuk Program Diet

  • Bukti Penelitian

Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan diterbitkan dalam “Nutrition Research” pada Februari 2008 ini, membandingkan manfaat penurunan berat badan dari makanan pengganti nasi putih dengan makanan campuran beras merah dan hitam.

Peserta penelitian yang mengkonsumsi makanan campuran beras merah, kehilangan berat badan dan lemak tubuh lebih banyak, jika dibandingkan dengan partisipan yang mengkonsumsi hanya makanan pengganti nasi putih saja.

  • Kepadatan Energi

Beras merah memiliki kepadatan energi rendah, karena serat dan air yang dikandungnya. Makanan dengan kepadatan energi rendah, akan mengisi kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan makanan yang memiliki kepadatan energi yang tinggi, sehingga akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

  • Berasal dari Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah dapat membantu menurunkan lemak tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” pada  2008 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi diet rendah kalori termasuk biji-bijian, kehilangan lebih banyak lemak daripada orang yang mengkonsumsi diet rendah kalori yang hanya termasuk biji-bijian olahan.Biji-bijian mengandung lebih banyak serat yang mengenyangkan, sehingga dikemudian hari anda akan makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar pilihan jatuh pada beras merah.

  • Memudahkan Program Diet

Hanya menambahkan satu porsi beras merah untuk diet setiap hari, tidak akan membantu menurunkan berat badan. Untuk mengurangi ke berat badan, hal yang paling penting adalah mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang digunakan. Makanan seperti beras merah adalah biji-bijian dan rendah kepadatan energi, sehingga akan membantu membuat hal ini lebih mudah dilakukan.

Kandungan glikemiks rendah pada nasi merah sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet karena mengendalikan penyerapan kalori terlebih pada tubuh. Bagi orang yang menjalankan program diet mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat tetaplah penting namun pilih yang memiliki kandungan serat seperti pada manfaat beras merah.

Serat yang terdapat pada beras merah berasal dari kulitnya karena beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan sehingga berbeda dengan beras putih biasa yang nutrisi lainnya ikut hilang karena penggilingan.

SHARE
Next articleKopi dan Sebuah Proses Perjalanan