Kopi dan Sebuah Proses Perjalanan

231
istimewa

“Akan ada proses untuk mencapai semua perjalanan yang kita inginkan, dan waktu yang akan mengiringnya”

Hijaudaun.net – Hobi jalan-jalan bukan hanya menjadi sekedar melepas kejenuhan semata. Awalnya jalan-jalan hanya suatu keinginan, sekarang menjadi suatu kebutuhan. Seperti halnya tubuh manusia yang harus diberi asupan gizi agar badan menjadi seimbang untuk menjalankan fungsinya.

Berjalan, berlari, bergerak, bernafas, dan tentunya berpikir. Semua itu bukan hanya sekedar cuci mata, tetapi keinginan berbagi tentang suatu tempat. Keindahan Pulau Dewata tak hanya bergaung di dalam negeri. Tak Heran jika wisatawan asing lebih memilih pulau ini ketimbang ke ibukota Indonesia.

Selain pantai, Pulau Bali juga terkenal dengan sumber daya alam lainnya. Misalnya yang ada di Desa Babahan, Kecamatan Tabanan, Bali.  Tempat ini bisa ditempuh selama dua jam dari Denpasar.Jalanan yang berkelok-kelok plus udara yang segar dan dinginnya air pedesaan menjadi penyempurna perjalanan. Ditambah lagi dengan ramahnya warga di sana.

Desa Babahan merupakan salah satu desa penghasil kopi di Bali, dengan perkebunan yang luas. Bukan hanya kopi, buah manggis pun menjadi salah satu komoditi yang diincar pasar bahkan sampai diekspor ke  Tiongkok. Jika beruntung, Anda dapat membantu sekaligus belajar memetik kopi bersama petani kopi sekitar. Tentunya, bisa menikmati kopi hangat khas Bali dipadu dengn camilan pisang rebus bertabur kelapa parut.

Duduk bersama petani di tengah kebun kopi, sambil menikmati minuman yang dihasilkan dari kebun tersebut. Dipastikan, Anda akan jatuh cinta yang kesekian kalinya, dengan kopi.

Sayangnya, petani tidak menjualnya ke STA (sub terminal agribisnis). Mereka lebih memilih menjualnya ke tengkulak, salah satu alasannya tidak punya waktu dan kendaraan sendiri untuk mengantarkan hasil panen ke STA.

Akan banyak sekali cerita menarik, suka dan duka para petani kopi yang akan kalian dengar saat duduk dan bersantap makanan bersama mereka. Indahnya berbagi  bukan hanya slogan semata.

Di Desa Babahan banyak cerita hebat dan patut dibagikan. So, apakah kalian juga ingin membantu para petani untuk maju?

 

Kirimkan cerita hebat kamu tentang petani dan dunia pertanian melalui email ke info@hijaudaun.net