GO GREEN, TRAVEL GREEN

159

Hijaudaun.net – Traveling menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun, akan lebih baik kesenangan pribadi disertai dengan tidak merusak alam sekitar. Nih, tips traveling kamu biar tidak merusak lingkungan.

 

  1. Pilihlah hotel yang berkomitmen dengan Go Green. Harga hotel ini mungkin sedikit lebih mahal, tapi dengan memilih hotel berkonsep Go Green membantu bumi menjadi lebih hijau. Kamu bisa mencarinya melalui situs pemesanan hotel, biasanya ada logo Go Green di foto-foto yang ditampilkan. Antaralain di lobi, pintu kamar, atau bagian hotel lainnya.Untuk lebih meyakinkan lagi, kamu bisa mengecek di website resminya. Atau kamu bisa menghubungi via telepon atau e-mail terkait program daur ulang yang mereka kelola? Bagaimana hotel bekerja untuk mengurangi konsumsi energinya? Agak ribet sih ya, tapi kalau tidak dimulai dari kamu, siapa lagi?

 

  1. Minimalkan penggunaan energi: Ketika kamu sudah berada di hotel, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan demi menjaga keberlangsungan energy di masa depan. Hemat air saat kamu mandi dan menggunakan toilet, matikan air saat menyikat gigi, matikan TV dan lampu saat hendak tidur, matikan AC saat kamu hendak meninggalkan kamar. Jika kamu menginap selama beberapa malam, gunakan kembali seprai & handuk, mintalah mereka untuk tidak menggantinya setiap hari. Mintalah ganti seperlunya saja, tidak harus setiap hari ya. Cabut segera ponsel, kamera dan powerbank kamu setelah baterai penuh. Jangan biarkan dia terus menancap pada listrik.

 

  1. Minimalkan gas emisi: Gunakan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki sedapat mungkin. Jika mengemudi, ikuti tip untuk tidak ngebut karena itu akan membakar bahan bakar lebih banyak.

  1. Pilih pakaian yang tepat: Sebelum packing, kamu harus tahu bahwa penggunaan celana dalam sekali pakai akan menambah jumlah sampah di kota tujuan wisata. Mungkin membeli celana dalam tipe ini kamu pikir lebih efisien karena kamu ingin mengisi kopermu dengan oleh-oleh sehingga merelakan celana dalam dibuang sekali pakai, mungkin cara ini bisa kamu telaah kembali, berapa besar sampah yang kamu timbun.

 

  1. Belanja Go Green: Apa sih belanja Go Green itu? Usahakan membeli makanan, camilan, dan produk lainnya dari penjual lokal. Bawalah selalu tote bag yang dapat digunakan kembali untuk membawa hasil belanja dan barang bawaan kamu lainnya tanpa harus menggunakan plastik.

 

  1. Pilih Makanan Go Green: Prinsip Go Green bisa diterapkan di mana saja. Sebisa mungkin pilih makanan yang ditanam secara organik. Atau kamu bisa membawa botol minuman sendiri untuk dapat diisi ulang, meminimalkana pembelian minuman botol terlalu sering.

 

  1. Buang sampah pada tempatnya: Hal sepele yang paling sering dilakukan yakni membuang sampah. Bayangkan jika negara kita tercinta berisi traveler yang membuang sampah sembarangan? Maka negara ini akan penuh dengan sampah wisatawan, baik di darat maupun lautan. Biasakan membuang sampah pada tempatnya, atau bawa selalu sampah itu beserta barang bawaanmu hingga kamu menemukan tempat yang tepat untuk membuangnya.

 

  1. Jangan gunakan Sunblock dibawah laut: Kalau kamu takut hitam, sebaiknya pilih lokasi traveling yang tidak harus berpanas-panas ria. Penggunaan sunlock banyak dilakukan untuk traveler yang jalan-jalan di daratan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa Sunblock tidak baik untuk para biota laut. So, buat para traveler yang kebetulan snorkeling atau diving, sebaiknya tak perlu menggunakan sunblock. Karena keindahan lautan tak hanya ingin kamu pandang, tapi juga anak cucu kita semua di masa yang akan datang.

 

  1. Bawa alat mandi sendiri: Membawa sabun, sampo dan perlengkapan mandi sendiri bukan saja persoalan hemat. Tapi juga salah satu upaya untuk berperilaku Go Green. Namun, hindari pembelian sachet sekali pakai. Misalnya sampo sekali pakai atau perlengkapan mandi lainnya. Mengapa? Sekali lagi, itu akan menambah sampah di kota tujuan wisatamu.

Sudah siapkan kamu jadi traveler Go Green? Yuk tentukan lokasi tujuanmu sekarang juga.