CIPTAKAN TAMAN HUJAN UNTUK ANTISIPASI BANJIR

288

Hijaudaun.net – Bertambahnya jumlah penduduk tentu membutuhkan lahan tempat tinggal yang juga lebih banyak. Tak hanya tempat tinggal saja, kita juga harus mulai memikirkan bagaimana rumah kita tetap hijau, asri dan bebas banjir. Salah satu solusinya yakni menciptakan Taman Hujan.

Taman hujan dapat diciptakan dengan menyediakan lahan secukupnya yang berfungsi untuk menyerap air hujan agar tidak menjadi banjir. Kini  Kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan melengkapi berbagai material seperti conblock atau grass block yang dapat menyerap air tergenang.

Cara tersebut bisa dilakukan dengan sederhana, namun ada cara lain yang lebih efektif. Yakni, membuat sumur resapan dan biopori. Sayangnya cara ini tidak bisa menyaring polutan berbahaya yang terlarut dalam air hujan.

Nah, solusi atas kedua masalah tersebut adalah membuat Taman Hujan. Konsep penyerapan air hujan ke dalam tanah yang berbentuk neraca air mini ini berfungsi  mengumpulkan air hujan hingga terserap dan keseimbangan air tanah akan tercipta.

Taman Hujan juga dapat menyerap logam berat seperti tembaga, timah dan besi.  Untuk membuat Taman Hujan, manfaatkanlah lahan yang cukup luas dan buatlah permukaan tanah berbentuk cekung. Sama seperti taman pada umumnya, Taman Hujan membutuhkan minimal lima jenis tanaman. Semakin banyak jenis tanaman, ekosistem yang terbentuk akan semakin stabil.

Tanaman yang tinggi sebaiknya ditanam di bagian tengan cekungan, sementara tanaman pendek ditanam di sekitar cekungan. Untuk pilhan tanaman, gunakan tanaman lokal agar mampu beradapatasi dengan iklim setempat. Selamat Mencoba!